50.000 Warga Jakarta Dapat Set Top Box Gratis untuk Migrasi TV Digital

Lenny Septiani
22 Agustus 2022, 09:28
Set top box gratis, tv digital, dki jakarta, jakarta
Siaran Digital Kementerian Kominfo
Ilustrasi set top box TV digital.

Sekitar 50 ribu warga DKI Jakarta dapat Set Top Box (STB) gratis. Jumlah ini merupakan 40% dari total 123.888 rumah tangga yang akan mendapatkannya secara gratis untuk mendukung program Analog Switch Off (ASO) atau migrasi ke TV digital.

Sekretaris Daerah Pemprov DKI Jakarta Marullah Matali mengatakan bahwa saat ini penerima bantuan STB yang dialokasikan untuk wilayah Provinsi DKI Jakarta sejumlah 50.059 rumah tangga.

“Jadi ini kurang dari separuhnya kira-kira menurut data kami kira-kira baru 40an persen,” katanya mewakili Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam diskusi publik bertajuk Dukung Era Baru TV Digital, Jabodetabek Siap ASO Jumat (19/8).

Berdasarkan data Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K), sebanyak 10% dari 1.290.519 rumah tangga yang telah diverifikasi dan ditetapkan sebagai calon penerima bantuan STB pendukung Program ASO sesuai kriteria yang telah ditetapkan.

“Yang memiliki TV analog jadi ada 1,2 juta rumah tangga yang memiliki TV sementara 10%-nya kira-kira angkanya 123.888 rumah tangga,” kata Marullah.

Marullah mengucapkan terima kasih 40%an warga Jakarta telah diberikan STB gratis. Angka tersebut belum termasuk 30.000-an warga DKI Jakarta di Kabupaten Kepulauan Seribu.

Meski begitu, Marullah yang mewakili Anies mengatakan turut mendukung secara maksimal terhadap program ASO. “Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memberikan dukungan yang maksimal, semoga program ini dapat dilaksanakan sesuai target yang ditentukan tanpa kendala-kendala yang berarti,” ujarnya.

Halaman:
Reporter: Lenny Septiani
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...