Modus Penipuan Investasi Robot Trading ATG Wahyu Kenzo, Kerugian Rp9 T

Lenny Septiani
13 Maret 2023, 11:43
Wahyu Kenzo, robot trading ATG
Instagram @WahyuKenzo88
Wahyu Kenzo

Polresta Malang Kota menangkap pelaku kasus penipuan robot trading Auto Trade Gold (ATG) Wahyu Kenzo. Modus penipuannya yakni susu nutrisi dengan bonus investasi robot trading ATG.

Korban penipuan investasi robot trading ATG Wahyu Kenzo dikabarkan sekitar 25 ribu orang dengan total kerugian Rp 9 triliun. Ini menjadi yang terbesar dibandingkan penipuan sejenis sebelumnya. Rinciannya sebagai berikut:

Advertisement

“Kami hari ini melakukan pemeriksaan tambahan terhadap tersangka. Ini mungkin akan ada penambahan untuk tersangka lain,” kata Kapolresta Malang Kota Kombes Pol Budi Hermanto dalam keterangan pers, Sabtu (11/3).

Polresta Malang Kota terus melakukan pendalaman terhadap tersangka. Secara maraton akan mengundang beberapa saksi termasuk istri tersangka, bagian keuangan dan manajemen perusahaan ATG.

“Sesuai dengan izin dari perusahaan, kami akan melihat domisili apakah memang sesuai dengan alamat badan hukum. Kami akan cek semua, termasuk aset, alat legalitas dari perusahaan tersebut,” ujarnya.

Polresta Malang juga akan mempertimbangkan keadilan bagi korban. “Baik secara utuh atau sebagian yang sudah diinvestasikan ini bisa dikembalikan,” kata Budi. Namun prosesnya tetap tidak melanggar ketentuan perundang-undangan.

Penangkapan Wahyu Kenzo bermula ketika seorang korban berinisial MY melaporkan ATG ke Polresta Malang.

Halaman:
Reporter: Lenny Septiani
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement