Kembangkan Sektor Hilir Migas, BPH Migas Kerja Sama dengan Untan

Image title
Oleh Tim Publikasi Katadata - Tim Publikasi Katadata
1 April 2021, 12:41
Rillis_BPH Migas
Katadata

Jakarta - Kali ini BPH Migas melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) dengan Universitas Tanjungpura di Gedung BPH Migas, Jakarta (31/3/2021).

Nota Kesepahaman tentang Pendidikan, Penelitian dan Pengembangan Ilmu Pengetahuan di Bidang Hilir Minyak dan Gas Bumi ditandatangani oleh Kepala BPH Migas Dr. Fanshurullah Asa dan Rektor Universitas Tanjungpura Pontianak Prof. Dr. Garuda Wiko.

Nota Kesepahaman yang berlaku selama 3 tahun ini meliputi 9 ruang lingkup yang antara lain penyelenggaraan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada Masyarakat, penyelenggaraan kolaborasi riset,  kegiatan ilmiah, kajian ilmiah, seminar, dan lokakarya di bidang minyak dan gas bumi serta peningkatan dan pengembangan kompetensi sumber daya manusia di bidang minyak dan gas bumi.

Rektor Universitas Tanjungpura (Untan) Pontianak Prof. Dr. Garuda Wiko, menyatakan bahwa Untan satu-satunya Universitas Negeri di Kalbar yang berdiri pada 1959. Saat ini mahasiswa Untan yang aktif berjumlah 35.000 dengan yang sedang cuti mencapai 40.000 an.

"Pak Ketua BPH Migas adalah salah satu keluarga besar Untan yang sangat kami banggakan," ujarnya.

Menurut Wiko ide atau gagasan Kepala BPH Migas, M.Fanshurullah Asa yang paling menarik adalah menyangkut keadilan kewilayahan dan kedaulatan energi terutama untuk Kalimantan yang telah memberikan banyak kontribusi energi dan penerimaan negara.

Menurut dia, Kalbar luasnya satu pulau Jawa plus Bali, tetapi penduduknya hanya 5 hingga 6 juta. Saat ini, pembangunan Terminal Kijing dan smelter alumina akan membawa perubahan yang signifikan nagi Kalbar khususnya perkembangan ekonomi.

“Perspektif ke depan yang sering disampaikan Kepala BPH Migas sangat relevan dengan perkembangan di Kalbar. Tentu, Untan bersyukur dan bangga bisa turut serta penyiapan SDM yang relevan dengan lingkup Hilir Migas,” ujjar Wiko

Halaman:
Editor: Doddy Rosadi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...