Layanan Telemedisin Gratis Hanya untuk OTG & Pasien Gejala Ringan

Image title
Oleh Maidian Reviani - Tim Publikasi Katadata
16 Juli 2021, 18:34
PENJEMPUTAN WARGA TERPAPAR COVID-19
ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha/rwa.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menggandeng 11 platform telemedisin, untuk menyediakan layanan konsultasi dan obat gratis bagi pasien positif Covid-19 yang sedang menjalani isolasi mandiri (isoman).

11 Platform telemedisin yang sudah bekerjasama dengan Kemenkes antara
lain adalah Alodokter, GetWell, Good Doctor dan GrabHealth, Halodoc, KlikDokter, dan
KlinikGo. Kemudian Link Sehat, Milvik Dokter, ProSehat, SehatQ, dan YesDok.

Masuk dalam 11 platform, Head of Medical Management Good Doctor Indonesia dr. Adhiatma Gunawan mengatakan, saat ini Good Doctor telah mempunyai ribuan dokter dan bekerja sama dengan lebih dari 2.000 apotek seluruh Indonesia.

Namun demikian, dr. Adhiatma menjelaskan, program pemerintah yang sejak Selasa (6/7) diluncurkan ini dapat dimanfaatkan pasien isoman, apabila sejak awal menggunakan layanan tes di laboratorium yang terafiliasi dengan Kemenkes.

"Jadi memang sebaiknya melakukan pemeriksaan di lab tersebut. Jika misalnya saja positif, anda bisa dapat bantuan gratis dari pemerintah," kata dia dalam Katadata Forum Virtual Series, Jumat (16/7).

Ia menuturkan, jika hasil tes adalah positif covid-19, maka labolatorium yang telah terafiliasi akan mengirimkan data pasien kepada Kemenkes. Data itu disebut sebagai New-all Record (NAR).

Kemudian, setelah data masuk ke Kemenkes, maka pasien secara otomatis akan menerima pesan melalui aplikasi Whatsapp.

"Mereka akan dapat kesempatan berkonsultasi dengan tim dokter di salah satu dari 11 telemedisin platform. Nah saya mewakili Good Doctor, kami sediakan fasilitas itu. Itu bentuk kontribusi kita, untuk bantu pemerintah dan masyarakat," ucap dia.

Halaman:
Editor: Doddy Rosadi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...