Ford Motor Co Jalin Kerja Sama di Proyek Pengolahan Nikel

Image title
Oleh Doddy Rosadi - Tim Publikasi Katadata
21 Juli 2022, 21:07
Vale x Ford
Katadata

Produsen mobil dunia Ford Motor Co menandatangani nota kerja sama yang tidak mengikat dengan PT Vale Indonesia dan Zhejiang Huayou Cobalt Co, Ltd untuk memroses bijih nikel yang ditambang oleh PT Vale di Blok Pomalaa, Kolaka Sulawesi Tenggara. Total kapasitas produksi hingga mencapai 120.000 metrik ton kandungan nikel per tahun dalam bentuk mixed hydroxide precipitate.


Wakil Presiden Ford Model e, EV Industrialization, Lisa Drake mengatakan, kerja sama tiga pihak ini adalah cara yang kreatif untuk memastikan kebutuhan nikel Ford dan jutaan pelanggan kendaraan listrik Ford bisa terpenuhi.


Hal ini juga selaras dengan apa yang ingin dicapai Ford dalam setiap prosesnya, yakni senantiasa berkomitmen menjaga lingkungan, sosial, dan tata kelola (ESG) saat ini dan di masa depan.


CEO dan Presiden Direktur PT Vale, Febriany Eddy mengaku senang Ford turut dalam kemitraan proyek HPAL di Blok Pomalaa. Kata Febriany, proyek ini semakin menegaskan jika keberadaan Indonesia dalam industri mobil listrik dunia begitu penting.


Hal itu ditopang dengan dukungan masyarakat dan sumber daya alam yang tentunya berdampak pada pertumbuhan ekonomi dengan tetap mengedepankan praktik pertambangan berkelanjutan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...