Dukung Transisi Energi, PT Vale Indonesia Gabung ke KADIN Net Zero Hub

Image title
Oleh Doddy Rosadi - Tim Publikasi Katadata
14 November 2022, 10:01
Dukung Transisi Energi, PT Vale Indonesia Gabung ke KADIN Net Zero Hub
Katadata

PT Vale Indonesia (PTVI) menandatangani komitmen untuk bergabung dengan KADIN Net Zero Hub (Kadin NZH), sebuah wadah gerakan dekarbonisasi pada sektor industri dan komersial serta upaya mendukung transisi energi untuk mencapai komitmen Net Zero Emission Indonesia.

Penandatanganan itu dilakukan dalam kegiatan Indonesia Net Zero Summit yang diadakan di Nusa Dua, Bali, Jumat, 11 November 2022.

Advertisement

CEO PT Vale Indonesia Febriany Eddy menjelaskan, penandatanganan ini merupakan wujud dari dukungan PT Vale Indonesia kepada pemerintah dalam melakukan transisi energi.

“Sejalan dengan komitmen perusahaan untuk mendukung Indonesia dalam melakukan transisi energi, PT Vale Indonesia sangat senang dapat bergabung bersama KADIN Net Zero Hub untuk membangun ekosistem bisnis yang berkelanjutan dengan membantu Indonesia merealisasikan komitmen Net Zero pada entitas bisnis dan meningkatkan daya kompetisi di pasar global,” kata Febriany Eddy.

Pada Forum KTT Perubahan Iklim COP 26 yang berlangsung pada 2021 di Glasgow, Inggris, Presiden Joko Widodo mengumumkan komitmen Indonesia untuk mencapai Net Zero pada tahun 2060 atau bahkan lebih awal. Maka dari itu, KADIN menilai adanya urgensi untuk membuat wadah gerakan dekarbonisasi massal di sektor swasta dan industri di Indonesia dalam rangka mendukung pemerintah untuk mewujudkan komitmen tersebut.

"Peraturan carbon adjustment yang sedang didiskusikan di dunia untuk meningkatkan risiko akses pasar bagi perusahaan yang tidak memiliki misi dan dunia bisnis dapat mengalami pergeseran ekspektasi atas produk-produk berkelanjutan." Jelas Muhammad Yusrizki, Chairman of KADIN Net Zero Hub.

"Situasi inilah yang memunculkan inisiatif dari KADIN Indonesia untuk membentuk KADIN Net Zero Hub (KADIN NZH) berdasarkan pilar-pilar Net Zero Pledge, ESG dan Impact Driven, dan Building Enabling Ecosystem dengan memahami berbagai organisasi dari dalam negeri maupun internasional." tambahnya.

Sejak dicanangkan pada Desember 2021 pasca Forum KTT Perubahan Iklim COP 26, KADIN Net Zero Hub menangkap antusiasme sektor swasta untuk mendukung program dekarbonisasi sektor industri dan komersial sebagai upaya untuk memperluas kesempatan bagi perusahaan dan pelaku usaha nasional yang bergabung dalam memperoleh peluang baru yang sejalan dengan kebutuhan bisnis.

Kegiatan Indonesia Net Zero Summit merupakan bagian dari rangkaian kegiatan B20 Indonesia Summit 2022 yang akan dihadiri oleh para pelaku bisnis dari negara anggota B20, sehingga dapat membuka peluang kerjasama bisnis dan investasi bagi pelaku usaha di Indonesia yang berkomitmen untuk memulai perjalanan menuju Net Zero Emission.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement