Tim Engineer iOS Tokopedia Kenalkan 'TOTO' ke Pengguna

TOTO adalah service yang digunakan oleh tim iOS Developer Tokopedia untuk melakukan 'upload build development internal'
Image title
Oleh Doddy Rosadi - Tim Publikasi Katadata
22 September 2021, 10:35
Digital
Katadata

Tokopedia melalui program Start Summit Extension menghadirkan 'How iOS Team Build A System for Internal Apps Distribution & Testing'. Tema ini membahas bagaimana tim iOS di Tokopedia membangun sistem distribusi secara internal hingga pengujian.

Pada kesempatan itu, Senior Software Engineer Tokopedia, Adityo Rancaka, memperkenalkan sistem internal yang pihaknya gunakan. Sistem tersebut adalah Tokopedia Apps Distribution Platform atau disebut TOTO.

Adityo menuturkan, sistem ini merupakan service yang digunakan oleh tim iOS Developer Tokopedia untuk melakukan 'upload build development internal' mereka.

"Yang nantinya kita bakal mendistribusi apps kita ke teman-teman yang mau ngetest apps kita," kata dia secara daring, Selasa (21/10).

Ia mengatakan, hal tersebut juga merupakan bagian dari requirement dalam melakukan pengujian secara manual. "Nah di Tokopedia, iOS terutama, kita ada beberapa metode testing yang kita pakai. Permata ada automated, ada Unit Test dan UI Test. Lalu kedua ada manual test," ucapnya.

Adityo mengungkap, Tokopedia saat ini merupakan 'super apps' yang merupakan aplikasi penyedia semua layanan dalam satu platform.

Menurut dia, selain transaksi jual beli, para pengguna juga dapat melakukan top up hingga bayar tagihan di Tokopedia. Karena itu, perbaikan hingga pengembangan harus tarus dilakukan.

Sementara itu, Software Engineer Lead Tokopedia - iOS, Dhio Etanasti, mengungkapkan bahwa tantangan yang dialami pihaknya dalam merancang sistem tersebut ada pada perencanaan.

"Misal mau kayak gimana, apa aja yang mau intergrasikan, kita mau bikin custom makro kayak gimana. Karena kita ada dua apps, Tokopedia Apps Store dan Tokopedia Pro. Jadi kita gimana agar bisa works of both apps. Mostly flow yang lumayan lama. Pas udah clear, sudah eksekusi saja," tutur dia.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait