Tangani Sampah Laut, KKP Anggarkan Sebagian Pagu Kementerian Rp 6,5 T

Image title
12 Desember 2019, 19:27
Tangani Sampah Laut, KKP Anggarkan Sebagian Pagu Kementerian Rp 6,5 T.
Antara | Yusuf Nugroho
ilustrasi sampah di tepi pantai. Jumlah sampah di kawasan Labuan Bajo diperkirakan mencapai 12 ton per hari.

Kementerian Kelautan Perikanan (KKP) berencana menyiapkan sebagian pagu anggaran pada 2020 untuk menangani masalah sampah di laut. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) mencatat, sampah plastik di laut mencapai 0,27-0,65 juta ton. 

"Cukup lah Rp 6,5 triliun dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) kita itu sebagian di sisihkan ke laut. Bisa lah, tidak masalah," kata Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo di Jakarta, Kamis (12/12). 

Edhy menyatakan pihaknya ditugaskan Menko Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan untuk menangani masalah sampah plastik di obyek wisata prioritas Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur. Jumlah sampah di kawasan tersebut diperkirakan mencapai 12 ton per hari.

Banyaknya sampah plastik di perairan Indonesia membuat keadaan saat ini dalam kondisi darurat sampah plastik. "Di Labuan Bajo sampah seharinya 8-12 ton ini menumpuk di tempat pembuangan akhir kita pikirkan apa harus dihancurkan atau didaur ulang," ujar Edhy di Jakarta, Kamis (12/12).

(Baca: Jokowi Minta Pengelolaan Sampah di Kawasan Wisata jadi Prioritas)

Jumlah sampah plastik di perairan Indonesia merupakan yang terbanyak kedua setelah Tiongkok. Kondisi itu tentunya sangat memprihatinkan lantaran banyak masyarakat yang menggantungkan hidupnya di laut.

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...