Harga Minyak Menguat 2% Dipicu Rencana Pemangkasan Produksi Arab Saudi

Image title
10 September 2019, 09:11
Kilang Minyak
KATADATA

Harga minyak dunia naik sekitar 2% pada perdagangan Selasa (10/9). Penguatan ini dipicu oleh komitmen Menteri Energi Arab Saudi yang baru, Pangeran Abdulaziz bin Salman terkait kebijakan negaranya yang akan membatasi produksi minyak mentah untuk menjaga harga.

Pangeran Abdulaziz, yang merupakan putra Raja Arab Saudi Salman dan anggota lama delegasi Saudi untuk Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC). Ia dilantik hari Minggu lalu (8/9) menggantikan Khalid al-Falih.

Advertisement

"Pengumuman di akhir pekan tentang perubahan kepemimpinan dalam kementerian perminyakan Saudi disertai saran kuat bahwa pembatasan produksi akan terus berlanjut sampai pasar mencapai keseimbangan yang lebih baik," kata Presiden Ritterbusch and Associates Jim Ritterbusch, dalam sebuah catatan, seperti yang dikutip dari Reuters. 

(Baca: Harga Minyak Dunia Berbalik Turun Setelah Tiga Hari Naik)

Harga minyak mentah berjangka jenis Brent naik US$ 1,05, atau 1,7%, menjadi US$ 62,59 per barel. Sedangkan minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) naik US$ 1,33, atau 2,4%, menjadi US$ 57,85 per barel pada perdagangan hari ini, atau Senin waktu setempat. 

Pangeran Abdulaziz mengatakan pilar kebijakan Arab Saudi tidak akan berubah. Sesuai kesepakatan global, pemangkasan produksi minyak sebesar 1,2 juta barel per hari akan tetap dilanjutkan. Aliansi OPEC dan negara-negara non-anggota termasuk Rusia yang biasa dikenal OPEC+ akan bertahan untuk jangka panjang.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement