Presiden Macri Minati Buah Tropis, Pintu Ekspor ke Argentina Terbuka

Dimas Jarot Bayu
27 Juni 2019, 05:00
Presiden Joko Widodo (kedua kiri) berjalan bersama Presiden Argentina Mauricio Macri (kedua kanan) di Istana Bogor, Rabu (26/6/2019). Presiden Joko Widodo dan Presiden Mauricio Macri dijadwalkan melangsungkan pertemuan empat mata, pertemuan bilateral sert
ANTARA FOTO/AKBAR NUGROHO GUMAY
Presiden Joko Widodo (kedua kiri) berjalan bersama Presiden Argentina Mauricio Macri (kedua kanan) di Istana Bogor, Rabu (26/6/2019). Presiden Joko Widodo dan Presiden Mauricio Macri dijadwalkan melangsungkan pertemuan empat mata, pertemuan bilateral serta melakukan pernyataan pers bersama.

Presiden Argentina Mauricio Macri menilai potensi hubungan dagang negaranya dengan Indonesia sangat besar. Potensi tersebut dapat dikembangkan lewat kerja sama kedua negara, seperti melalui sektor pertanian dan perdagangan.

Macri mengatakan, Argentina memiliki ketertarikan dengan komoditas buah tropis asal Indonesia. "Kami ingin menikmati buah-buah yang ada di Indonesia," kata Macri di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Rabu (26/6).

Advertisement

Lebih lanjut, Macri juga menyebut besarnya potensi hubungan dagang Argentina-Indonesia terlihat di sektor industri. Pihaknya tertarik bekerja sama dengan Indonesia di bidang industri perkeretaapian dan industri penerbangan.

(Baca: Jokowi Tawarkan Pesawat dan Gerbong Kereta Api ke Argentina)

Kedua negara juga terbuka melakukan kerja sama penelitian di bidang industri pertanian. Dengan begitu, Indonesia dapat mempelajari teknologi pertanian yang ada di Argentina untuk mengembangkan agribisnis. "Supaya bermanfaat untuk kedua belah pihak," ujarnya.

Adapun untuk meningkatkan arus kunjungan warga kedua negara, Argentina berkomitmen untuk memperbaiki sistem visa negaranya. Selama ini, waktu menunggu warga negara Indonesia untuk mendapatkan visa masuk ke Argentina mencapai 45 hari.

Waktu tersebut dianggap cukup lama ketimbang proses yang dilakukan negara lain. Karenanya, sistem visa tersebut akan diperbaiki agar waktu tunggu visa  bisa dipercepat.

Halaman:
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement