Gojek Kini Punya Fitur Chat bagi Sesama Pengguna Aplikasinya
Gojek kini punya fitur chat antar-sesama pengguna aplikasi. Layaknya aplikasi pesan Whatsapp, pengguna dapat saling mengirim pesan melalui platform layanan on-demand tersebut.
Untuk mengakses fitur chat tersebut, pengguna dapat membuka halaman muka aplikasi Gojek dan menekan ikon ‘Chat’ yang berada sejajar dengan ikon ‘Home’, ‘Orders’, ‘Inbox’, dan ‘My Account’.
Setelah memilih ikon, pengguna yang baru pertama kali menggunakannya mendapati pilihan untuk memulai berkirim pesan. Jika pengguna sudah berkirim pesan sebelumnya, maka akan muncul tampilan halaman obrolan seperti dalam aplikasi Whatsapp.
(Baca: Gojek Singapura Beri Fasilitas Medis untuk Mitra Pengemudi)
Kemudian di pojok kanan atas terdapat pula ikon untuk memulai obrolan. Ketika ikon tersebut ditekan, pengguna bisa memilih nomor yang tersedia di kontak handphone pengguna atau disebut ‘Gojek Contacts’ dan memulai obrolan di sana. Selain itu, pengguna juga bisa membuat grup obrolan seperti aplikasi pesan lain pada umumnya.
Seperti aplikasi Whatsapp, pengguna yang telah mengirim pesan akan melihat tanda centang satu jika pesan tersebut terkirim. Kemudian jika pesan sudah terbaca oleh penerima pesan, maka akan muncul tanda centang dua di samping pesan tersebut.
Namun selain fitur pesan, rupanya ada hal menarik lainnya dari fitur chat ini. Pengguna kini dapat mentransfer atau meminta uang non-tunai lewat GoPay lewat chat tersebut. Untuk melakukannya, pengguna bisa menekan tombol ikon bertanda plus (+) di halaman obrolan. Kemudian pilih ikon ‘Pay’ untuk mengirimkan saldo GoPay, atau pilih ikon ‘Request’ untuk meminta saldo GoPay.
(Baca: Aksi Balap Fintech, GoPay Versus GrabPay)
Selanjutnya, pengguna bisa memasukkan nominal uang yang ingin dikirim atau diminta dari pengguna lainnya tersebut. Tak hanya itu, pengguna juga bisa menambahkan catatan sebagai maksud dari pengiriman atau permintaan uang tersebut. Misalnya, untuk membayar transportasi, makanan, tiket menonton, atau sekedar ucapan terima kasih.
Setelah itu, pengguna akan diminta untuk memasukkan nomor PIN-nya untuk mengirimkan saldo GoPay miliknya yang secara otomatis akan masuk ke saldo Gopay yang dituju.
Saat ini Gojek tengah mengembangkan aplikasinya untuk menyediakan beragam fitur dan layanan dalam platformnya. Sebagai superApp yang ingin memenuhi kebutuhan penggunanya sehari-hari, Gojek terus berinovasi, salah satunya dengan hadirnya fitur chat tersebut.
(Baca: Gojek Targetkan 35 Ribu UMKM Ikut Program Wirausaha)
Hanya saja, fitur chat dalam platfom Gojek ini masih belum tersedia secara luas. Sehingga, tidak semua pengguna bisa menggunakan fitur tersebut. Selain itu, hingga saat ini belum diketahui apakah fitur ini masih dalam tahap uji coba atau tidak, serta kapan fitur ini akan resmi diluncurkan langsung oleh pihak Gojek.
Sebagai informasi, layanan yang disediakan Gojek di platformnya tidak hanya digunakan untuk layanan transpotasi saja, namun juga ada layanan lainnya seperti pesan antar makanan dan minuman, pengiriman barang, isi pulsa, belanja, pijat (massage), bersih-bersih rumah, reparasi alat elektronik, laundry, kecantikan, tiket bioskop, dan sebagainya.