Pemerintah Bentuk Satgas Transisi Energi, Fokus di 4 Sektor

Rena Laila Wuri
21 Februari 2024, 09:14
Transisi Energi
Freepik
Transisi Energi
Button AI Summarize

Kementerian Koordinator bidang Maritim dan Investasi (Kemenko Marves) membentuk Satuan Petugas atau Satgas Transisi Energi Nasional (TEN). Satgas tersebut akan mengimplementasikan transisi energi di empat sektor.

Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi Kemenko Marves, Rachmat Kaimuddin, mengatakan Satgas TEN saat ini sedang menyusun strategi dan rencana implementasi secara menyeluruh. Dimana program-program transisi energi nasional akan dibuat di empat sektor utama, yaitu pembangkitan listrik, transportasi, industri, dan bangunan.

Rachmat mengatakan, strategi ini akan mendorong pemanfaatan empat pilar teknologi yang diterapkan lintas sektor, yaitu efisiensi energi, elektrifikasi industri, pemanfaatan alternatif energi rendah karbon, dan penyerapan karbon bagi bangunan.

"Sebagai contoh, pemanfaatan sumber energi rendah karbon di sektor pembangkitan listrik akan melihat potensi pemanfaatan sumber energi terbarukan seperti surya, panas bumi dan lainnya," ujarnya dalam keterangan tertulis, Selasa (20/2).

Di sektor transportasi, dia mengatakan, pemerintah akan mengoptimalkan bahan bakar nabati atau biofuel. Sedangkan, untuk bangunan pemerintah akan mendorong pemasangan panel surya atap.

 

Halaman:
Reporter: Rena Laila Wuri

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...