Memahami 8 Perbedaan Administrasi dan Manajemen

Tifani
Oleh Tifani
23 November 2022, 19:49
Perbedaan Administrasi dan Manajemen
pexels.com/Marek Levak
Ilutrasi, staf administrasi.

Dalam bisnis, administrasi dan manajemen adalah dua hal yang saling berkaitan. Hal inilah yang membuat sebagian orang kesulitan untuk membedakannya. Apalagi praktik keduanya memang hampir sama. Padahal sebenarnya perbedaan administrasi dan manajemen mudah untuk dikenali.

Manajemen adalah istilah yang berkaitan dengan organisasi, perusahaan atau badan usaha. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti manajemen adalah penggunaan sumber daya efektif untuk mencapai sasaran.

Istilah administrasi identik dengan kegiatan catat-mencatat, surat-menyurat dan sebagainya. Hal inilah yang menjadikan setiap lembaga, instansi dan perusahaan memiliki sistem administrasi. Di mana aktivitas tersebut dilaksanakan ahlinya, yang disebut administrator atau staf administrasi.

Perbedaan Administrasi dan Manajemen

Dalam buku Pengantar Ilmu Administrasi dan Manajemen (2022) oleh Dr. (cand) Aditnya Wardhana, S.E, M.M, M.Si., administrasi diartikan sebagai seluruh kegiatan pencatatan yang dilakukan secara tertulis dan tersusun rapi serta sistematis.

Administrasi yang baik dapat mempermudah seseorang atau suatu organisasi untuk mendapatkan informasi yang diperlukan. Secara umum fungsi administrasi antara lain sebagai pembentukan rencana, kebijakan, aturan, prosedur, hingga pengaturan tujuan serta objek.

Sementara, manajemen adalah seni untuk menyelesaikan pekerjaan orang lain atau tindakan mengelola pekerjaan dan karyawan agar dapat mencapai tujuan tertentu menggunakan sumber daya organisasi. Fungsi daripada manajemen adalah untuk merencanakan, mengontrol, memimpin, mengelola, serta melakukan koordinasi untuk mencapai sebuah keputusan.

Dari dua pengertian diatas, dapat disimpulkan bahwa administrasi adalah tindakan mengelola seluruh organisasi yang dilakukan oleh sekelompok orang. Lalu, manajemen adalah suatu cara sistematis untuk mengelola orang dan hal-hal yang ada dalam organisasi. Berikut 8 perbedaan administrasi dan manajemen:

1. Berdasarkan Perannya

Administrasi berperan sebagai penentu. Sedangkan manajemen berperan sebagai pelaksana.

2. Berdasarkan Kewenangannya

Administrasi berwenang pada level atas. Sedangkan manajemen berperan pada level menengah ke bawah.

3. Berdasarkan Pekerjaannya

Administrasi bertugas untuk menentukan tujuan, menyusun kebijakan, sekaligus membuat formulasi dari rencana yang dibuat. Sedangkan manajemen bertugas sebagai pelaksanaan atau aktor dalam menerapkan rencana maupun kebijakan yang telah dibuat.

4. Berdasarkan Penerapannya

Administrasi banyak diterapkan pada kantor pemerintahan, rumah sakit, perusahaan bisnis, organisasi pendidikan, organisasi keagamaan, klub, hingga militer. Sedangkan manajemen diterapkan hanya pada organisasi bisnis, khususnya organisasi bisnis yang menghasilkan profit.

5. Berdasarkan Fokus Tujuannya

Administrasi fokus untuk menentukan alokasi terbaik dari sumber daya yang terbatas. Sedangkan manajemen fokus untuk melaksanakan pekerjaan yang ditugaskan.

6. Berdasarkan Wilayah Operasinya

Administrasi memiliki kontrol penuh terhadap semua aktivitas dalam sebuah organisasi. Sedangkan manajemen bekerja di bawah administrasi.

7. Berdasarkan Istilah Profesinya

Seseorang yang bekerja mengurus segala urusan administrasi disebut administrator. Sedangkan seseorang yang bekerja untuk mengelola pekerjaan dan karyawan demi mencapai tujuan disebut manajer.

8. Berdasarkan Fungsinya

Fungsi administrasi mencakup undang-undang dan penentuan. Sedangkan fungsi manajemen bersifat mengatur dan eksekutif.

Hubungan Administrasi dan Manajemen

Dalam prakteknya administrasi dan manajemen tidak bisa dipisahkan. Gladys O. Dimock dan Louis W. Koenig dalam buku Public Administration (2008) menyebutkan bahwa inti administrasi adalah manajemen. Inti dari manajemen merupakan kepemimpinan.

Halaman:
Editor: Agung

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...