Erick Tohir Tunjuk Fetty Kwartati Jadi Dirut Sarinah

Image title
21 Juli 2020, 10:31
erick thohir, bumn, sarinah
ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga
Menteri BUMN Erick Thohir di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (20/2/2020). Erick merombak jajaran direksi PT Sarinah (Persero).

Kementerian BUMN merombak jajaran direksi PT Sarinah (Persero). Menteri BUMN Erick Thohir menunjuk Fetty Kwartati menggantikan GNP Sugiarta Yasa sebagai Direktur Utama pusat perbelanjaan tersebut. 

Selain menjabat sebagai dirut perusahaan, Fetty rangkap jabatan sebagai direktur ritel. Sedangkan Lies Permana Lestari ditunjuk sebagai direktur pengembangan bisnis, Albert Aulia Ilyas sebagai direktur keuangan dan administrasi, dan Rakesh Kumar Ashok Adwani sebagai direktur trading dan property.

Perombakan tersebut sesuai dengan Keputusan Menteri Badan Usaha Milik Negara Nomor SK-247/MBU/07/2020 terkait dengan Pemberhentian, Pengalihan Tugas dan Pengangkatan Anggota-anggota Direksi PT Sarinah (Persero).

Sarinah berharap perombakan direksi dapat menuntaskan agenda besar transformasi pusat perbelanjaan tersebut. “Transformasi yang dimaksud yaitu menjadikan Sarinah sebagai pusat perbelanjaan modern yang berpihak kepada ekonomi kerakyatan,” ujar keterangan tertulis perusahaan pada Selasa (21/7).

Tranformasi dan re-branding Sarinah tidak akan menghilangkan orientasi dan eksistensi sebagai pusat ekonomi kerakyatan. Transformasi tersebut justru mendorong produk lokal agar bisa memikat pelanggan dan pengunjung. 

Dengan begitu, Sarinah akan menjelma menjadi pusat perbelanjaan komunitas kekinian khas Indonesia dan menjadi pusat UMKM unggulan. Sebelumnya, Erick mengungkapkan bahwa pemerintah berencana menjadikan Sarinah sebagai pusat perbelanjaan yang fokus pada produk-produk UMKM.

Jika langkah itu berhasil, Sarinah diharapkan dapat membuka gerai serupa di bandara-bandara yang menjadi tujuan wisata, seperti Bandara Komodo, Labuan Bajo dan Bandara Internasional Lombok.  Dengan demikian, para turis dapat dengan mudah memperoleh produk Indonesia.

Reporter: Muchammad Egi Fadliansyah
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...