SKK Migas Minta Kontraktor Gali Potensi Sumur Tua Demi 1 Juta BOPD

Image title
24 Februari 2020, 12:26
SKK Migas, produksi migas
Arief Kamaludin | Katadata
Ilustrasi, logo Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi atau SKK Migas) meminta kontraktor kontrak kerja sama (KKKS) memaksimalkan potensi dari sumur tua untuk mencapai produksi 1 juta barel minyak per hari.

Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi atau SKK Migas ingin kontraktor kontrak kerja sama (KKKS) memanfaatkan potensi sumur-sumur tua. Hal itu bertujuan untuk meningkatkan produksi migas hingga mencapai 1 juta barel minyak per hari (bopd).

SKK Migas pun menyelenggarakan Rapat Koordinasi Pengelolaan Sumur Tua bersama para kontraktor migas pada Senin (24/2). Deputi Operasi SKK Migas Julius Wiratno menyatakan pengelolaan sumur tua yang tersebar di seluruh Indonesia terbukti dapat meningkatkan produksi minyak nasional.

Advertisement

Sejak terbit Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Nomor 1 Tahun 2008, pengusahaan sumur tua pada tahun lalu telah menyumbang kenaikan produksi sebesar 2.143 barel per hari (bopd).  Pada masa puncak pengelolaan sumur tua, terdapat sekitar 1993 sumur yang dikelola dan melibatkan 20 Koperasi Unit Desa (KUD)/Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) di berbagai wilayah Indonesia. Namun saat ini jumlahnya menurun telah menjadi 1.400 sumur tua.

"Standar hulu migas yang ketat dan tinggi, serta pemenuhan regulasi sektor hulu migas diterapkan juga pada pengelolaan sumur tua. Seperti bisnis pada umumnya, maka pengelolaan sumur tua mengalami up and down," ujar Julius berdasarkan keterangan tertulis, Senin (24/2).

(Baca: Kelola Lapangan Tua, Pertamina EP Optimistis Produksi 100 Ribu BOPD)

Penasehat Ahli Kepala SKK Migas Satya Widya Yudha meminta agar ada peraturan yang memperbolehkan pengeboran sumur tua lebih dari 50 meter. Hal ini mengingat sumur yang sudah ditinggalkan sejak tahun 1970 masih menggunakan teknologi lama.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement