PGN Pakai CNG untuk Penuhi Kebutuhan Gas 6.896 Pelanggan di Jakarta

Image title
26 Desember 2019, 15:38
PGN, pipa gas
Ilustrasi, teknisi memeriksa jaringan gas di Mobile Refueling Unit (MRU) milik PT Perusahaan Gas Negara (PGN) di Bandung, Jawa Barat, Kamis (5/12/2019). PGN menginjeksi CNG untuk memenuhi kebutuhan gas pelanggan di lima wilayah yang ada di Jakart Timur.

PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) memutuskan untuk menggunakan Compress Natural Gas (CNG) untuk 6.896 pelanggan di Jakarta Timur. Pasalnya, perusahaan perlu memperbaiki dan merawat jaringan pipa gas bumi di wilayah tersebut.

Direktur Utama PGN Gigih Prakoso menjelaskan penggunaan CNG merupakan upaya perusahaan untuk memenuhi kebutuhan gas pelanggan selama perawatan jaringan pipa. Adapun, lima wilayah di Jakarta Timur yang mendapatkan pasokan dari CNG yaitu, Metering Regulating Station (MRS) Rusun Klender, Perumnas Klender, Rawamangun, Pulomas dan Pulogadung.

Advertisement

"Ini adalah upaya kami untuk menjadikan gas bumi sebagai solusi bagi ketahanan energi nasional dan mengurangi ketergantungan pada energi fosil yang banyak diimpor," ujar Gigih dalam keterangan tertulis pada Kamis (26/12).

Sales Area Head PGN Area Jakarta Iwan Yuli Widyastanto menambahkan, pihaknya menginjeksi CNG di lima titik di wilayah Jakarta Timur dengan total kebutuhan sekitar 5800 meter kubik per dua hari. Secara detail, pasokan gas CNG disalurkan ke 13 titik Kawasan Industri Pulogadung yang sedang dalam perawatan jaringan pipa dan dan 5.000 pelanggan terdampak yang ada di wilayah Klender. 

Pasalnya, pasokan gas ke Rusun Klender sejak 1998 hingga saat ini tidak pernah mati. "Injeksi CNG ini merupakan inisiatif yang tepat, sehingga pelanggan tidak merasakan dampak apapun dari perawatan pipa gas bumi yang dilakukan PGN,” kata Iwan.

(Baca: Erick Thohir Usulkan Arcandra Tahar Jadi Komisaris Utama PGN)

PGN Perluas Pembangunan Jargas 

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement