YouTube Music Diliris, Saingan Baru Apple Music dan Spotify

Cindy Mutia Annur
8 November 2019, 11:13
Ilustrasi, logo YouTube. Perusahaan digital tersebut baru saja merilis Youtube Music yang akan bersaing dengan Spotify dan Apple Music.
Arief Kamaludin | Katadata
Ilustrasi, logo YouTube. Perusahaan digital tersebut baru saja merilis Youtube Music yang akan bersaing dengan Spotify dan Apple Music.

YouTube akhirnya merilis aplikasi YouTube Music di Indonesia. Aplikasi musik ini akan bersaing dengan Apple Music dan Spotify

Director of Product Management, Music Products, YouTube Jay Fowler mengatakan aplikasi musik tersebut diluncurkan untuk membuat dunia musik lebih mudah untuk dieksplorasi. Lewat YouTube Music, menurutnya, pengguna bisa mengakses berbagai video musik eksklusif dan beragam pilihan musik yang dipersonalisasi khusus sesuai selera seperti rekomendasi video musik resmi (official), pentas live, lagu cover, remix, hingga musik-musik langka.

"Kami ingin membantu banyak orang menemukan musik yang mereka suka dan menawarkan pengalaman mendengarkan musik yang lebih kaya, lebih cerdas, dan lebih imersif bagi para pecinta musik di Indonesia maupun seluruh dunia," ujar Fowler dalam siaran pers, Kamis (7/11).

Aplikasi musik itu bisa dinikmati secara gratis yang didukung oleh sejumlah iklan. Namun, pengguna juga bisa menggunakan layanan YouTube Music Premium, yakni layanan berbayar YouTube Music agar bebas iklan dengan fitur akses video offline (setelah diunduh) serta pemutaran video musik di latar belakang ponsel.

"Lewat opsi ini, pengguna bisa memutar lagu dan video di latar belakang sambil memakai aplikasi lain, menulis pesan, hingga berolahraga dalam keadaan ponsel terkunci," ujarnya. Layanan musik berbayar ini dipatok seharga Rp 49 ribu per bulan.

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...