YouTube Music Diliris, Saingan Baru Apple Music dan Spotify

Youtube musik bisa dinikmati secara gratis dengan sejumlah iklan atau berbayar dengan fasilitas premium.
Cindy Mutia Annur
8 November 2019, 11:13
Ilustrasi, logo YouTube. Perusahaan digital tersebut baru saja merilis Youtube Music yang akan bersaing dengan Spotify dan Apple Music.
Arief Kamaludin | Katadata
Ilustrasi, logo YouTube. Perusahaan digital tersebut baru saja merilis Youtube Music yang akan bersaing dengan Spotify dan Apple Music.

YouTube akhirnya merilis aplikasi YouTube Music di Indonesia. Aplikasi musik ini akan bersaing dengan Apple Music dan Spotify

Director of Product Management, Music Products, YouTube Jay Fowler mengatakan aplikasi musik tersebut diluncurkan untuk membuat dunia musik lebih mudah untuk dieksplorasi. Lewat YouTube Music, menurutnya, pengguna bisa mengakses berbagai video musik eksklusif dan beragam pilihan musik yang dipersonalisasi khusus sesuai selera seperti rekomendasi video musik resmi (official), pentas live, lagu cover, remix, hingga musik-musik langka.

"Kami ingin membantu banyak orang menemukan musik yang mereka suka dan menawarkan pengalaman mendengarkan musik yang lebih kaya, lebih cerdas, dan lebih imersif bagi para pecinta musik di Indonesia maupun seluruh dunia," ujar Fowler dalam siaran pers, Kamis (7/11).

Aplikasi musik itu bisa dinikmati secara gratis yang didukung oleh sejumlah iklan. Namun, pengguna juga bisa menggunakan layanan YouTube Music Premium, yakni layanan berbayar YouTube Music agar bebas iklan dengan fitur akses video offline (setelah diunduh) serta pemutaran video musik di latar belakang ponsel.

Advertisement

"Lewat opsi ini, pengguna bisa memutar lagu dan video di latar belakang sambil memakai aplikasi lain, menulis pesan, hingga berolahraga dalam keadaan ponsel terkunci," ujarnya. Layanan musik berbayar ini dipatok seharga Rp 49 ribu per bulan.

(Baca: Revisi UU Penyiaran dan Hasrat KPI Awasi Konten Youtube hingga Netflix)

Perusahaan mencatat, ada lebih dari 1 miliar pencinta musik di seluruh dunia yang mengakses YouTube setiap bulannya untuk mendengarkan musik favorit yang sedang populer dan menemukan musik baru. Selain itu, dalam platform ini ada lebih dari 2 juta artis yang mengekspresikan suara dan karya-karyanya ke seluruh dunia. 

YouTube Premium dapat diunduh di Google Play Store dan iOS App Store dengan tawaran perkenalan khusus selama tiga bulan gratis sampai dengan 26 November 2019 mendatang.

Selain itu, ada pula paket khusus YouTube Music Family Plan dan YouTube Premium Family Plan, di mana pengguna dapat menambahkan hingga 6 akun, mulai dari Rp 75 ribu per bulan. 

(Baca: Google Ungkap Sebab YouTube Atta Halilintar dan Ria Ricis Diminati)

Reporter: Cindy Mutia Annur
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait