PLN dan ESDM Investigasi Penyebab Listrik Mati Massal di Sebagian Jawa

Michael Reily
5 Agustus 2019, 17:55
pln, mati listrik, mati lampu
ANTARA FOTO/MUHAMMAD ADIMAJA
Ilustrasi, pekerja melakukan perawatan jaringan listrik di Jakarta, Jumat (12/7/2019). PLN tengah menginvestigasi penyebab pemadaman listrik di wilayah Jabodetabek, Banten, dan Jawa Barat yang terjadi pada Minggu (4/8).

PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) tengah menginvestigasi penyebab matinya transmisi listik di utara Jawa yang memicu pemadaman massal di wilayah Jabodetabek, Banten, dan Jawa Barat pada Minggu (4/8). Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama PLN Sripeni Inten Cahyani menyatakan banyak faktor penyebab putusnya sistem transmisi listrik seperti layangan dan dahan pohon. 

Apalagi jaringan transmisi listrik berada di lokasi terbuka. "Masih proses investigasi, memang banyak (kemungkinan), karena memang jaringan 500 kilovolt terbuka lokasinya," kata Sripeni di Jakarta, Senin (5/8).

Namun dia memastikan penyebab pemadaman listrik total bukan karena sabotase oleh oknum. "Saya pastikan bukan masalah sabotase, murni teknis," ujarnya lagi.

Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) juga telah mengirim inspektur ketenagalistrikan ke Ungaran, Jawa Tengah untuk menyelidiki penyebab gangguan transmisi.

"Kami punya inspektur ketenagalistrikan yang sudah di kirim ke Ungaran, sedang di cari tahu penyebabnya apa," kata Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Rida Mulyana, Senin (5/8).

Saat ini PLN hanya memiliki empat sirkuit jaringan transmisi di Pulau Jawa. Dengan kejadian tersebut, PLN telah mengusulkan peningkatan Rencana Kerja dan Anggaran Perusahaan (RKAP) untuk penguatan seluruh sirkuit transmisi listrik dan penambahan jaringan sirkuit di Jawa. 

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...