Jadi Proyek Mangkrak, BKPM & Pertamina Kebut Pembangunan Kilang Tuban

Image title
28 Mei 2020, 13:58
Pertamina, kilang, bkpm
ANTARA FOTO/Dedhez Anggara
Ilustrasi, kilang Pertamina. Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) berupaya mempercepat proyek kilang Pertamina di Tuban.

Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) memasukkan proyek kilang Tuban di Jawa Timur ke dalam daftar Rp 708 triliun investasi mangkrak. Sebab, Pertamina dan Rosneft tak juga memulai pembangunan proyek tersebut meski kerja sama terjalin sejak 2017. 

Beberapa penyebab mangkraknya pembangunan kilang Tuban yaitu kendala pembebasan lahan, perizinan, hingga penyelesaian kontrak. BKPM pun mengupayakan sejumlah langkah penyelesaian lahan di Kabupaten Tuban sejak tahun.

Advertisement

“Kepala BKPM turun langsung dengan menggandeng Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan Pemerintah Kabupaten Tuban serta Pertamina," ujar Direktur Promosi Sektoral BKPM Imam Soejoedi dalam siaran pers pada Kamis (28/5).

Pasalnya, proyek tersebut merupakan prioritas pemerintah sebagai upaya hilirisasi industri di dalam negeri. Dengan adanya proyek kilang, Indonesia dapat mengurangi defisit neraca impor, ketergantungan akan impor minyak dan dapat membangun ketahanan industri nasional

Kepala BKPM pun membentuk tim khusus dalam internal BKPM untuk mempercepat penyelesaian masalah di Tuban. Pada awal Februari 2020, Kepala BKPM telah mengunjungi lokasi proyek untuk menyelesaikan negosiasi dengan masyarakat sekitar.

Hingga saat ini, pembebasan lahan telah mencapai 92% dari total 841 hektar.  “Kepala BKPM menaruh perhatian sangat besar pada proyek Tuban. Beliau membentuk tim khusus untuk mengawal investasi ini sampai jadi, bahkan tidak segan untuk turun langsung," kata Iman.

(Baca: Meski Pandemi Corona, Progres Kilang Balikpapan Pertamina Capai 16,32%)

(Baca: Pertamina Dinilai Akan Sulit Kembangkan Kilang Cilacap Tanpa Aramco)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement