Lelang Jabatan Dirjen Migas Kembali Digelar meski Sudah Ada 4 Kandidat

Kementerian ESDM membuka pendaftaran Dirjen Migas mulai 27 Mei 2020 hingga 17 Juni 2020.
Image title
2 Juni 2020, 16:27
esdm, migas
ANTARA FOTO/Didik Setiawan/wpa/hp.
Menteri ESDM Arifin Tasrif di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (11/5/2020).Kementerian ESDM kembali melelang jabatan Dirjen Migas meskipun ada empat kandidat yang terpilih dalam proses lelang pada tahun lalu.

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral atau ESDM kembali membuka seleksi terbuka jabatan Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi. Padahal, pemerintah telah menetapkan empat kandidat Dirjen Migas pada tahun lalu.

Sekretaris Jenderal ESDM yang sekaligus Ketua Panitia Seleksi Dirjen Migas Ego Syahrial tidak menjawab ketika ditanya mengenai proses ulang lelang jabatan Dirjen Migas saat dihubungi Katadata.co.id pada Selasa (2/6). Begitu juga dengan Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama (KLIK) Kementerian ESDM Agung Pribadi.

Adapun pengumuman lowongan tersebut disampaikan melalui surat Nomor 17.Pm/72/SJN.P/2020 dalam rangka pengisian jabatan pimpinan tinggi madya di lingkungan Kementerian ESDM. Hal itu sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil. Lowongan tersebut berlaku bagi PNS dan Non PNS.

Pendaftaran dimulai sejak 27 Mei 2020 dan berakhir pada 17 Juni 2020. Calon peserta dapat mendaftar melalui website Kementerian ESDM, www.esdm.go.id.

(Baca: DPR Desak Menteri ESDM Segera Tunjuk Dirjen Migas & Dirjen Minerba)

(Baca: Tiga Bulan Menjabat, Menteri ESDM Belum Tunjuk Dirjen Migas Definitif)

Sebelumnya, Kementerian ESDM menyatakan ada empat kandidat yang bersaing memperebutkan jabatan Dirjen Migas, yaitu Kepala Pusat Air Tanah dan Geologi Tata Lingkungan Badan Geologi Andiani, Direktur Bahan Bakar Minyak (BBM) Badan Pengatur Hilir (BPH) Migas Patuan Alfon Simanjuntak.

Kemudian, Kepala Biro Fasilitasi Penanggulangan Krisis ESDM Ediar Usman, dan Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi Minyak dan Gas Bumi (Lemigas) Setyorini Trihutami.

Seluruh kandidat sudah melewati proses uji kelayakan dan wawancara akhir. Namun, sebelum salah satu kandidat ditunjuk menjadi Dirjen Migas, Menteri ESDM diganti dari Ignasius Jonan menjadi Arifin Tasrif pada tahun lalu.

Arifin Tasrif pun hanya mengganti Pelaksana Tugas (Plt) Dirjen Migas dari Djoko Siswanto menjadi Ego Syahrial. Dengan begitu, Ego rangkap jabatan sebagai Plt Dirjen Migas dan SekJen Kementerian ESDM dari Januari 2020 hingga saat ini.

(Baca: Eksplorasi Migas Minim, Indonesia Terancam Defisit Gas 2023)

 

Reporter: Verda Nano Setiawan

Video Pilihan

Artikel Terkait