Tim WHO Mulai Investigasi Asal Mula Covid-19 di Wuhan

Image title
29 Januari 2021, 10:32
who, tiongkok, covid-19, virus corona, pandemi corona, pandemi, internasional, gerakan 3m
ANTARA FOTO/REUTERS/Thomas Peter/WSJ/cf
Foto : Thomas Peter. Anggota tim WHO yang bertugas menyelidiki asal pandemi penyakit virus korona (COVID-19) duduk di dalam sebuah bus meninggalkan Bandara Internasional Wuhan Tianhe di Wuhan, provinsi Hubei, China, Kamis (14/1/2021). WHO mulai penyelidikan asal mula Covid-19 pada Kamis (28/1).

Tim dari Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO akhirnya memulai investigasi asal usul virus corona. Tim akan menyelidiki pasar basah di Kota Wuhan, Tiongkok, untuk mencari tahu bagaimana pasien pertama dapat terinfeksi Covid-19.

Tim yang terdiri dari ahli internasional dan pejabat WHO itu sebelumnya melakukan karantina selama dua pekan. Selama masa karantina itu, mereka bekerja sama dengan ilmuwan Tiongkok menganalisa data-data ilmiah terkait penyebaran Covid-19.

Sejuah ini, ada beberapa teori kontroversi terkait asal usul Covid-19. Salah satunya berasal dari mantan Presiden Amerika Serikat Donald Trump yang menyebut virus corona muncul dari kebocoran laboratorium di Wuhan. 

Teori itu dibantah oleh Tiongkok dengan menyatakan bahwa virus corona itu bisa diimpor melalui makanan beku. Sedangkan beberapa ilmuwan percaya virus itu berasal dari kelelawar yang menginfeksi hewan lain dan akhirnya menular ke manusia. 

Meksipun banyak beredar teori terkait asal usul Covid-19, anggota tim WHO Peter Daszak memastikan penyelidikan akan mengikui kaidah ilmiah. “Kami akui banyak permainan politik yang saling menyalahkanm namun ilmu pengetahuan yang memimpin di sini,” kata Daszak yang juga ahli ekologi penyakit dan Presiden Aliansi EcoHealth di AS seperti dikutip dari smcp.com  pada Rabu (27/1).

Sebelumnya, Daszak mengatakan dalam podcast sains "Going Viral" pada pekan lalu bahwa pendekatan misinya yaitu melacak kembali kontak dan aktivitas dari kasus pertama. “Jika petunjuk itu membawa kami ke laboratorium, maka kami pasti akan mulai menanyakan tentang laboratorium. Jika petunjuk itu membawa kami ke bagian lain Tiongkok, atau bahkan negara lain, kami akan mengikutinya, "katanya.

Meskipun tim WHO akan berusaha mengabaikan elemen politik dalam investigasi tersebut, namun hal itu sulit dilaksanakan. Panel Independen untuk Kesiapsiagaan dan Respons Pandemi mengatakan bahwa WHO dan Tiongkok seharusnya dapat bertindak lebih cepat untuk menahan pandemi Covid-19.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...