OJK Target Selesaikan BPR Bermasalah Tahun Ini

Patricia Yashinta Desy Abigail
20 Februari 2024, 18:05
OJK Target Selesaikan BPR Bermasalah Tahun Ini
ANTARA FOTO/Dedhez Anggara/tom.
Ilustrasi BPR bermasalah. OJK menargetkan dapat menyelesaikan BPR bermasalah pada tahun ini.
Button AI Summarize

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyatakan bakal membereskan sejumlah Bank Perekonomian Rakyat (BPR) yang bermasalah dan ditargetkan dapat selesai pada tahun ini. 

Jumlah BPR bermasalah terus mengalami pengurangan seiring dengan dicabutnya perizinan sejumah BPR bermasalah hingga Februari 2024 oleh OJK. BPR yang dipangkas ini demi kepentingan jangka panjang serta demi keamanan para nasabahnya.

Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK, Dian Ediana Rae, menegaskan pihaknya terus mengawasi sejumlah BPR bermasalah. Dia menyebut, proyeksi pemangkasan BPR dapat melebihi target Lembaga Penjamin Simpanan atau LPS yang bakal mengurangi sekitar tujuh BPR pada tahun ini. 

"Sudah ada 4 BPR yang dicabut izinnya. Mungkin saja melampai rata-rata. Tapi yang jelas bahwa kita sekarang masih terus melakukan pemeriksaan ke BPR," kata Dian, saat dijumpai wartawan, Selasa (20/2) di Jakarta.

Dian menyebut kemungkinan ada BPR yang bisa diselamatkan. Tetapi jika sudah terkait dengan kecurangan atau fraud, OJK akan lepas tangan dan menindak lebih lanjut untuk segera dicabut perizinannya.

Menurut dia, saat ini tidak banyak BPR yang berada dalam pengawasan khusus. Dian berkeinginan BPR tersebut bisa melaksanakan penyembuhan dan ideal usai disahkannya UU PPSK tentang BPR.

Halaman:
Reporter: Patricia Yashinta Desy Abigail

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...