Sri Mulyani Sindir Artis Pamer Harta Kekayaan Tapi Tak Bayar Pajak

Agatha Olivia Victoria
3 Desember 2019, 12:01
Artis Barbie Kumalasari hingga Nikita Mirzani pamer saldo rekening miliaran rupiah. Menteri Keuangan Sri Mulyani berharap mereka bayar pajak.
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar
Ilustrasi, petugas mengitung uang rupiah di salah satu gerai penukaran uang asing di Jakarta, Rabu (27/11/2019).

Belakangan aksi pamer saldo rekening menjadi tren di kalangan selebritas. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati pun mengaku heran dengan kelakuan para artis tersebut dan berharap mereka membayar pajak.

"Kalau orang mau gaya begitu ya jangan tanggung-tanggung, kaya beneran begitu, yang bayar pajaknya juga beneran," kata Sri Mulyani saat menjadi pembicara kunci (keynote speaker) pada acara peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia di Gedung Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan, Jakarta, Selasa (3/12).

Advertisement

Sri Mulyani mengatakan, saat ini masih banyak masyarakat Indonesia yang memiliki harta berlebih namun tak memenuhi kewajibannya kepada negara. Padahal, seharusnya warga negara yang baik membayar pajak.

"Jadi, saat Anda pamer, kami juga senang. Wah ini memang kaya beneran. Kalau dia pamer, dia kaya, tapi tidak bayar pajak kan kami jadi tidak senang. Apalagi pamernya di media sosial," kata dia.

(Baca: Ditjen Pajak Intip Rekening Youtuber Bersaldo di Atas Rp 1 Miliar)

Sebelumnya, Direktorat Jenderal (Dirjen) Pajak juga menegaskan bakal mengawasi rekening para youtuber dan selebgram yang memiliki saldo di atas Rp 1 miliar. Para pekerja kreatif ini diharapkan patuh membayar pajak. 

"Kami bisa memanfaatkan akses informasi untuk mengawasi rekening mereka. Kami tahu isinya," kata Dirjen Pajak Suryo Utomo di Jakarta, Senin  (25/11) lalu. 

Suryo mengatakan, youtuber dan selebgram sudah menjadi mata pencaharian. Oleh karena itu, mereka wajib membayar pajak sepanjang pendapatannya melebihi Penghasilan Tidak Kena Pajak (PTKP). "Kalau penghasilan di atas PTKP, maka berkewajiban membayarkan Pajak Penghasilan (PPh) secara self assesment," kata dia. 

Halaman:
Reporter: Agatha Olivia Victoria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement