Pertumbuhan Ekonomi Ukraina 2022 Diramal -40% Imbas Perang, Rusia -20%

Happy Fajrian
2 April 2022, 18:17
pertumbuhan ekonomi, rusia, ukraina,
ANTARA FOTO/REUTERS/Alexander Ermochenko/HP/dj
Perang Rusia Ukraina. Seorang pengungsi menunggu di dalam mobil saat tank lapis baja pasukan pro Rusia melewati pos pemeriksaan selama konflik Ukraina-Rusia di kota pelabuhan selatan Mariupol yang terkepung, Ukraina, Kamis (24/3/2022).

Ekonomi Rusia dan Ukraina diprediksi akan terkontraksi cukup dalam imbas perang yang belum mereda hingga saat ini. European Bank for Reconstruction and Development (EBRD) memperkirakan pertumbuhan ekonomi Rusia tahun ini sebesar -10% sedangkan Ukraina -20%.

Namun Kementerian Ekonomi Ukraina memprediksi pertumbuhan ekonomi tahun ini terkoreksi lebih dalam, mencapai -40% setelah pada kuartal pertama ekonomi menyusut sebesar 16%. “Area di mana bekerja dari jauh tidak memungkinkan paling terpukul,” tulis pernyataan yang dikutip Reuters, Sabtu (2/4).

Sementara itu EBRD mengatakan bahwa perang telah memicu kejutan pasokan terbesar sejak awal 1970 dan akan memiliki efek parah pada perekonomi di daerah di luar wilayah konflik.

Proyeksi ekonomi Ukraina dan Rusia oleh EBRD berdasarkan asumsi tentang perkembangan perang dalam beberapa bulan ke depan. Pada proyeksi sebelumnya pertumbuhan ekonomi Rusia diperkirakan 3% dan Ukraina 3,5%.

“Prognosis terbaru mengasumsikan bahwa gencatan sejata berhasil tercapai dalam beberapa bulan yang diikuti dengan upaya rekonstruksi besar di Ukraina,” tulis pernyataan EBRD.

Halaman:

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...