Bea Cukai Fasilitasi Ekspor 13 Ton Cangkang Keong Lola ke Vietnam

Ferrika Lukmana Sari
26 Maret 2024, 10:42
Bea Cukai
Bea Cukai
Bea Cukai
Button AI Summarize

Pertama kalinya pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dari Tanjungpinang, CV Rezeki Lautan Kepri mengekspor produk unggulannya, yaitu 13 ton cangkang keong lola (Rochia Nilotica) ke Cat Lai, Vietnam pada Kamis (21/03).

Berangkat melalui Pelabuhan Sri Bayintan Kijang, komoditas ekspor tersebut bernilai devisa US$ 11.700 atau mencapai Rp 182,44 juta. Rencananya, cangkang keong tersebut akan diproses sebagai bahan dasar pembuatan kancing untuk pakaian jadi.

Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi Bea Cukai Tanjungpinang, Faisal Rusydi yang turut hadir dalam pelepasan ekspor perdana itu, mengatakan ekspor cangkang keong tersebut sebagai suatu keberhasilan.

"Rezeki Lautan Kepri menjadi penanda potensi besar yang dimiliki oleh para pelaku UMKM di Pulau Bintan dalam menembus pasar global," kata Faisal dalam keterangan resmi dikutip Selasa (26/3).

Ke depannya, Faisal berharap semakin banyak UMKM berpotensi ekspor dari Provinsi Kepulauan Riau yang terdorong memperluas pasar hingga kancah internasional mengikuti jejak UMKM lainnya.

Halaman:

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...