PPKM Berlaku, MRT, Transjakarta, dan KRL Batasi Operasional

Image title
11 Januari 2021, 18:34
ppkm, transportasi publik, covid-19
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/hp.
Penumpang menaiki kereta MRT di Stasiun MRT Bundaran HI, Jakarta, Jumat (18/12/2020).

Pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di Jawa dan Bali mulai berlaku hari ini, Senin (11/1). Transportasi publik termasuk salah satu sektor yang terkena pembatasan untuk menekan angka penyebaran Covid-19.

PT MRT Jakarta misalnya, selama PPKM hanya akan beroperasi pada pukul 05.00 sampai 20.00 WIB pada hari kerja, dengan rentang waktu keberangkatan setiap 5 menit pada waktu sibuk, dan setiap 10 menit di luar waktu sibuk.

"Pada akhir pekan, kereta beroperasi pukul 06.00 – 20.00 WIB, dengan selang waktu keberangkatan kereta setiap 10 menit. Meski ada pembatasan, sementara ini tidak ada penutupan stasiun MRT," kata Kepala Departemen Corporate Communication MRT, Ahmad Pratomo, kepada Katadata.co.id.

Untuk mengantisipasi kepadatan penumpang, kapasitas dalam satu gerbong kereta juga dibatasi maksimal 67 orang. Selain itu akan ada marka atau stiker duduk dan berdiri di dalam kereta yang bertujuan agar masyarakat dapat menjaga jarak.

"Di samping itu, MRT Jakarta secara konsisten menerapkan protokol kesehatan di setiap area stasiun dan kereta. Kami mengimbau pengguna untuk disiplin dalam menerapkan gerakan 3M, menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan,” ujar dia.

Tidak hanya MRT, jumlah perjalanan kereta rel listrik (KRL) juga dibatasi selama PPKM dua minggu ke depan. VP Corporate Secretary PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) Anne Purba mengatakan, KRL hanya akan melayani 964 perjalanan.

"Rangkaian kereta yang disediakan sebanyak 91 kereta, dengan jam operasional pukul 04.00 – 22.00 WIB. Kemudian lansia hanya dapat menggunakan KRL pada pukul 10.00 – 14.00 WIB,” ujar Anne kepada Katadata.co.id.

Databoks berikut menunjukkan penurunan jumlah penumpang saat PSBB pada masa awal pandemi 2020 lalu:

Meski demikian, jumlah perjalanan KRL yang dilayani pada pasa PPKM masih lebih banyak dibandingkan saat PSBB (pembatasan sosial berskala besar) awal pandemi lalu yang hanya melayani 683 perjalanan setiap harinya.

Halaman:
Reporter: Annisa Rizky Fadila

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...