Jelang Lebaran, PGN Pastikan Keamanan Infrastruktur dan Layanan Gas

Image title
5 Mei 2021, 19:30
pgn, gas bumi, ramadan
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/hp.
Pegawai Rumah Makan Ny.Suharti memeriksa aliran gas di Gaslink PGN di Rawamangun, Jakarta, Senin (8/6/2020). PGN terus memperluas pemanfaatan gas bumi ke pelaku usaha untuk membantu pelaku usaha seperti industri menengah, restoran, hotel dan lainnya sehingga pelanggan dapat menghemat lebih dari 20 persen dibandingkan pemakaian bahan bakar lain.

Perusahaan Gas Negara (PGN) memastikan keamanan infrastruktur dan layanan gas bumi menjelang hari raya Idul Fitri 1442. Perusahaan gas pelat merah ini menyatakan turut berkontribusi secara aktif mendukung Satuan Tugas Ramadan dan Idul Fitri (Satgas RAFI) 2021 Pertamina (Persero).

Setidaknya dengan Sales Operation Region (SOR) yang terbagi menjadi 3 wilayah operasi di Sumatera, Jawa Bagian Barat dan Timur serta 18 area di seluruh Indonesia, operasi dan layanan PGN akan terus bersiaga selama 24/7. PGN menjamin pengendalian pasokan, layanan, infrastruktur dan distribusi gas bumi tetap terjaga aman.

"Sebagai bagian dari holding migas, PGN berkomitmen untuk melayani dan menjaga distribusi kebutuhan energi khususnya gas bumi untuk dapat dinikmati pelanggan tanpa rasa khawatir,” ujar Direktur Utama, M. Haryo Yunianto, melalui keterangan tertulis, Rabu (5/5).

Di tengah situasi pandemi Covid-19 dan kebijakan tidak mudik dari pemerintah guna mencegah penyebaran Covid-19. PGN tetap mengantisipasi peluang lonjakan konsumsi gas, khususnya untuk pelanggan jargas.

Pasalnya banyak pelanggan seperti ibu rumah tangga yang lebih memilih memasak di rumah ataupun memasak kue-kue dalam jumlah besar menjelang Idul Fitri. Adapun jumlah pelanggan rumah tangga yang dilayani PGN hingga sampai saat ini telah lebih dari 490.000 SR dengan pemakaian gas rata-rata rumah tangga sebanyak 15 m³ per bulan.

Selain itu, PGN juga tetap memperhatikan kebutuhan gas di sektor UMKM, industri, dan komersial. Pengoperasian 11 SPBG dan 4 MRU juga tetap berjalan normal. Haryo memastikan bahwa kondisi pasokan gas sampai saat ini aman untuk seluruh sektor pelanggan, dengan status aset dan operasional dalam kondisi aman.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...