Total Resmi Tutup Bisnis SPBU di Indonesia

Image title
6 Mei 2021, 18:49
spbu, total, spbu total tutup
Arief Kamaludin | Katadata

PT Total Oil Indonesia memutuskan untuk keluar dari bisnis stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) di Indonesia. Sebanyak 18 SPBU yang tersebar di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek), dan Bandung resmi ditutup oleh perusahaan minyak asal Prancis tersebut.

Marketing Manager Total Indonesia, Magda Naibaho mengatakan keputusan tersebut selaras dengan strategi Total secara global. Terutama dalam hal manajemen portofolio perusahaan secara aktif.

"PT Total Oil Indonesia memutuskan untuk melepaskan bisnis retail bahan bakar kami di Indonesia," kata Magda kepada Katadata.co.id, Kamis (6/5).

Total telah hadir di Indonesia sejak 2003. Perusahaan menurut Magda terus berkomitmen untuk menyediakan produk dan layanan unggulan di Indonesia, termasuk pelumas dan produk khusus lainnya.

Hengkangnya bisnis hilir perusahaan minyak asal Perancis ini pun menyusul saudaranya di sektor hulu migas yang lebih dulu keluar dari Indonesia. Yakni Total E&P Indonesie yang merupakan kontrak kerja sama (KKS) pengelolaan Blok Mahakam sejak 1967.

Berdasarkan catatan Katadata.co.id, selama beroperasi, kegiatan eksplorasi Blok Mahakam menghasilkan penemuan cadangan migas dalam jumlah yang besar di Bekapai pada 1972.

SPBU Total
SPBU Total (Twitter@TotalIndonesia)

Sejak itu, secara berturut-turut hingga 1996 ditemukan cadangan migas di lapangan-lapangan lain seperti lapangan Handil, Tambora, Tunu, Peciko, Sisi, Nubi, dan South Mahakam. Proyek Lapangan South Mahakam merupakan yang paling muda, baru mulai berproduksi pada 2013.

Penemuan-penemuan tersebut menjadikan Blok Mahakam sebagai salah satu blok migas terbesar di Indonesia. Cadangan migas Blok Mahakam mencapai 105 juta barel minyak dan 4.9 triliun kaki kubik gas.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...