BPH Migas Akan Temui Menko Luhut Bahas Nasib Proyek Cisem

Image title
7 Mei 2021, 11:48
proyek cisem, pipa gas cisem, bph migas
Arief Kamaludin | Katadata
Ilustrasi pipa gas.

BPH Migas berencana menemui Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan untuk membahas kelanjutan proyek pembangunan proyek pipa gas Cirebon-Semarang atau proyek Cisem.

Anggota Komite BPH Migas Jugi Prajogio mengatakan rapat tersebut akan digelar usai lebaran. "Habis Lebaran akan dibahas lagi. Saya mendengar kabar ada rapat dengan Menko Marves tentang proyek Cisem," ujarnya kepada Katadata.co.id, Jumat (7/5).

Advertisement

Bahkan minggu lalu, BPH Migas juga telah melakukan pertemuan dengan Kantor Staf Presiden untuk mendiskusikan proyek tersebut. Salah satunya dihadiri oleh Direktur Gas Bumi BPH Migas. Namun Jugi yang ketika itu tidak hadir, tak bisa menjelaskan hasil dari pertemuan tersebut.

Ia hanya menyatakan bahwa BPH Migas masih menanti komitmen dari PT Bakrie & Brothers Tbk (BNBR). Menurutnya komite secara kolektif telah menetapkan anak usaha grup Bakrie tersebut sebagai pemenang lelang kedua proyek Cisem. BNBR hanya tinggal memenuhi persyaratan yang diminta BPH Migas.

Dari lima syarat yang masuk dalam keputusan Kepala BPH Migas kepada BNBR sejauh ini baru dua syarat yang sudah terpenuhi. Di antaranya kesanggupan menggunakan parameter toll fee 2006 serta menerbitkan jaminan kinerja (performance bond).

"Masih ada tiga syarat yang masih BPH Migas tunggu yaitu feasibility study (FS), front end engineering design (FEED) dan gas transportation agreement (GTA)," ujar dia.

Batas waktu penyampaian tiga syarat tersebut adalah tiga bulan sejak keputusan Kepala BPH Migas tanggal 15 Maret 2021. Artinya, masih ada waktu hingga 15 Juni 2021 bagi grup Bakrie untuk memenuhi syarat-syarat tersebut.

Seperti diketahui, terjadi silang pendapat antara Kementerian ESDM dan BPH Migas terkait pembangunan proyek pipa gas Cisem. Kementerian ESDM menyebut keputusan BPH Migas menetapkan BNBR sebagai pemenang lelang kedua dari proyek Cisem berpotensi menimbulkan masalah hukum.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement