PLN Kucurkan Rp 6,7 M Listriki 347 Warga Desa Kawinda Toi di Bima

Image title
8 Juli 2021, 11:40
pln, listrik, bima,
Katadata | Arief Kamaludin
Ilustrasi.

PLN melalui Unit Induk Wilayah (UIW) Nusa Tenggara Barat (NTB) berhasil melistriki 347 kepala keluarga (KK) di Desa Kawinda Toi, Kabupaten Bima. Untuk melistriki wilayah ini, setidaknya PLN NTB mengucurkan Rp 6,68 miliar.

General Manager PLN Unit Induk Wilayah NTB, Lasiran mengatakan, kehadiran listrik yang sangat dinantikan warga Desa Kawinda Toi ini merupakan hasil kolaborasi PLN dengan pemerintah Kabupaten Bima.

“Kami berterima kasih atas dukungan dari seluruh pihak dan instansi, karena tanpa dukungan dari stakeholder, maka upaya ini tidak mungkin akan terealisasi," ujar Lasiran dalam keterangan tertulis, Kamis (8/7).

Guna melistriki desa Kawinda Toi ini, PLN membangun jaringan tegangan menengah (JTM) sepanjang 11,64 kilometer sirkuit (kms), jaringan tegangan rendah (JTR) 1,52 kms, dan satu buah trafo baru kapasitas 100 kilo volt ampere (kVA).

Jaringan baru PLN dibangun dari Desa Oi Katupa dan tersambung dengan JTR sepanjang 11,83 kms dan dua buah gardu distribusi milik Pemda Kabupaten Bima yang telah terbangun sebelumnya. Adapun Desa Oi Katupa, Kabupaten Bima sendiri telah berhasil dinyalakan di bulan Mei 2020.

Pembangunan jaringan PLN sendiri dilakukan mulai November 2020. Survei sebagai tahap awal perencanaan dilakukan pada Februari 2020.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...