Rencana Pengembangan Lapangan MBF Disetujui, HCML Investasi Rp 1,3 T

Image title
21 Juli 2021, 20:12
lapangan mbf, blok madura strait, skk migas,
Katadata
Ilustrasi.

SKK Migas menyetujui rencana pengembangan atau plan of development (POD) Lapangan MBF, Blok Madura Strait yang dioperasikan oleh Husky-CNOOC Madura Limited (HCML). Dengan persetujuan ini HCML berkomitmen untuk investasi sebesar US$ 88 juta atau sekitar Rp 1,3 triliun.

Pelaksana Tugas Deputi Perencanaan SKK Migas, Julius Wiratno mengatakan lapangan MBF memiliki potensi cadangan gas sebesar sebesar 38,04 miliar standar kaki kubik (BSCF), yang disiapkan untuk memenuhi kebutuhan gas di Jawa Timur.

"Tentunya investasi ini akan ikut menggerakkan ekonomi Jawa Timur dan nasional. Hal lain yang juga penting, kita juga akan mendapatkan tambahan sumber gas untuk menutup kebutuhan Jawa Timur di masa depan,” kata dia dalam keterangan tertulis, Rabu (7/21).

Julius memerinci, investasi tersebut akan digunakan untuk pengeboran deepening dua sumur pengembangan MBF-A1 dan MBF-A2, pembangunan well head platform, pembangunan jalur pipa menuju fasilitas produksi (FPU) MDA-MBH, serta modifikasi fasilitas lapangan FPU MDA-MBH (install riser balcony and re-arrange/modification topside sesuai spesifikasi pipeline MBF).

Untuk itu, ia berharap agar Husky segera merealisasikan kegiatannya, dan dapat mengimbangi gerak cepat SKK Migas pada saat memproses persetujuan PoD tersebut. Sebagai Informasi, HCML mengajukan permohonan PoD pada 24 Juni 2021, dan SKK Migas memberikan persetujuan pada 19 Juli 2021.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...