Nasib Proyek Blok Masela di Tengah Pandemi dan Alotnya Divestasi Shell

Image title
30 Juli 2021, 16:07
blok masela, pengembangan blok masela, covid 19, divestasi shell
Katadata/Ratna Iskana
Inpex, operator proyek Lapangan Abadi Blok Masela.

Inpex Corporation menyebut pandemi Covid-19 telah berdampak pada rencana pengembangan proyek Lapangan Abadi, Blok Masela. Meski demikian, perusahaan tetap berkomitmen untuk terus melanjutkan proyek ini.

Act. Corporate Communication Manager Inpex Masela Moch N. Kurniawan mengatakan pandemi Covid-19 membuat rencana pekerjaan survei lapangan detail pada wilayah maupun yang direncanakan untuk pembangunan Kilang LNG Abadi terpaksa ditunda.

Oleh sebab itu, ia memperkirakan akan ada beberapa penundaan pada pekerjaan survei detail serta pekerjaan FEED selanjutnya. "Meskipun ada tantangan tersebut, kami tetap berkomitmen pada kelanjutan Proyek LNG Abadi ini," kata dia kepada Katadata.co.id, Jumat (30/7).

Adapun pekerjaan-pekerjaan yang telah direncanakan akan dimulai kembali setelah kondisi kembali normal. Untuk itu, perusahaan akan terus mendorong kemajuan proyek Abadi.

Sedangkan, mengenai rencana divestasi Shell, menurut dia Inpex tidak pada posisi untuk berkomentar tentang aktivitas komersial dari perusahaan lain. Yang pasti sebagai operator Proyek LNG Abadi pihaknya memiliki keyakinan pada keberlanjutan proyek ini.

Lebih lanjut, ada beberapa aktivitas yang saat ini masih berlangsung di Blok Masela. Di antaranya Metocean Survey Service Visit, proses persetujuan AMDAL (analisis mengenai dampak lingkungan), dan dukungan untuk pengadaan tanah.

"Kami akan melanjutkan aktivitas tersebut dengan tetap memperhatikan faktor keselamatan terkait Covid-19 dan juga menaati protokol keselamatan kesehatan," kata Kurniawan.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...