Sebelum Diganti, BPH Migas Putuskan Proyek Cisem Digarap Grup Bakrie

Image title
9 Agustus 2021, 15:15
proyek cisem, bph migas, bakrie brothers, grup bakrie
Arief Kamaludin|KATADATA
Ilustrasi pipa gas.

PT Bakrie & Brothers Tbk (BNBR) ditetapkan untuk menggarap proyek pipa transmisi gas bumi Cirebon-Semarang atau Proyek Cisem. Keputusan ini diambil pengurus BPH Migas periode 2017-2021 pada Minggu (8/8), atau sehari sebelum pelantikan pengurus baru.

Anggota Komite BPH Migas periode 2017-2021 Jugi Prajogio mengatakan bahwa komite memutuskan memberikan hak khusus kepada perusahaan grup Bakrie tersebut, setelah mempelajari seluruh dokumen yang disampaikan.

Advertisement

"SK (surat keputusan) hak khusus sudah diterbitkan termasuk syarat dan ketentuan, silahkan tanya langsung ke BNBR untuk tindak lanjutnya karena seluruh anggota komite (lama) sudah berakhir Senin 9 Agustus," kata dia kepada Katadata.co.id Senin (9/8).

Dokumen tersebut di antaranya surat kesanggupan untuk memakai parameter di tahun 2006 seperti performance bond, studi kelayakan (feasibility study), front-end engineering design (FEED), dan gas transportation agreement (GTA).

Menurut Jugi keputusan komite BPH Migas ini bersifat independen pada saat pihaknya menjabat. Sehingga, tidak memerlukan adanya koordinasi dengan komite berikutnya.

Saat dikonfirmasi, Head of Corporate Communications Bakrie & Brothers, Bayu Nimpuno, membenarkan kabar mengenai proyek Cisem. Meski begitu, ia tidak berkomentar lebih jauh. "Benar, tapi kami tidak dalam posisi mengumumkan saat ini," ujarnya.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement