Mal Sempat Ramai, Epidemiolog Ingatkan Covid-19 di Jakarta Masih Rawan

Rizky Alika
19 Agustus 2021, 07:13
covid-19, jakarta, mal,
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Suasana mal atau pusat perbelanjaan di masa PPKM darurat.

Pengunjung sejumlah mal di Jakarta sempat ramai pada hari libur peringatan HUT Kemerdekaan RI, Selasa (17/8). Epidemiolog dari Griffith University Dicky Budiman pun mengingatkan bahwa kondisi pandemi Covid-19 di Jakarta belum terkendali.

"Situasi Jakarta memang sudah membaik, tapi belum dalam level terkendali. Belum ada perbaikan, masih ada dan kerawanan tinggi," kata Dicky kepada Katadata, Rabu (18/8).

Menurutnya, Jakarta dikelilingi wilayah yang belum terkendali kasusnya. Selain itu, Dicky menilai angka kematian akibat Covid-19 masih terbilang tinggi. Kondisi tersebut menandakan masih banyak kasus corona yang belum dan terlambat terdeteksi.

Semestinya, masyarakat diarahkan untuk berbelanja secara daring. Selain itu, penting bagi pemerintah untuk meningkatkan literasi kepada masyarakat.

Dicky pun mengusulkan untuk membatasi pengunjung mal berdasarkan domisili yang sewilayah. "Kalau mal di Jakarta Selatan, ya pengunjungnya juga dari Jakarta Selatan, bukan dari daerah lain," ujar dia.

Ia mengingatkan, vaksinasi Covid-19 tidak menjamin seseorang mendapatkan proteksi utuh dari virus corona. Untuk itu, setiap orang memiliki risiko tinggi tertular Covid-19. "Ini harus disadari," katanya.

Sementara, Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Daeng M. Faqih berharap kesehatan menjadi prioritas utama. "Meski kita tahu perlu ada keseimbangan, tapi prioritas kesehatan penting," katanya.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...