Menteri ESDM: Peran Migas Masih Strategis di Masa Transisi Energi

Image title
1 September 2021, 11:28
migas, transisi energi, ebt
Pertamina Hulu Energi

Menteri ESDM Arifin Tasrif menegaskan bahwa peran industri migas dalam menggerakkan perekonomian nasional masih cukup strategis. Untuk itu diperlukan upaya proses peralihan yang terukur dalam masa transisi energi menuju energi baru terbarukan (EBT).

Menurutnya sebagai negara berkembang, kebutuhan energi Indonesia masih sangat besar. Minyak dan gas bumi merupakan salah satu sumber energi yang masih mendominasi di Indonesia, selain batu bara dan energi terbarukan.

Selain itu, keberadaan industri migas di berbagai tempat di Indonesia juga telah mendorong munculnya aktivitas- aktivitas perekonomian lainnya di wilayah tersebut. Oleh sebab itu, sebagai salah satu sektor kritikal, industri migas tetap harus melaksanakan aktivitasnya guna mencari dan memproduksi migas.

"Kebijakan energi dunia saat ini menuju pada energi bersih yang secara bertahap akan menggantikan fosil. Untuk itu diperlukan proses peralihan yang terukur dan dalam masa transisi ini, peran migas masih strategis," ujar Arifin dalam pembukaan The Virtual 45th IPA Convex 2021, Rabu (1/9).

Presiden Indonesian Petroleum Association (IPA) Gary Selbie mengatakan untuk mencapai target produksi migas, maka diperlukan upaya-upaya yang dapat meningkatkan iklim investasi. Seperti peningkatan fasilitas perpajakan dan yang lainnya.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...