Pertamina Setor Lebih Rp 110 Triliun ke Negara Sepanjang Semester I

Image title
1 September 2021, 20:03
pertamina
Adi Maulana Ibrahim|Katadata
Gedung Pertamina Pusat, Jalan Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (14/1/2020).

Kontribusi Pertamina melalui setoran pada penerimaan negara hingga semester I telah mencapai total Rp 110,6 triliun. Dari jumlah tersebut, Rp 70,7 triliun berupa dari pajak, penerimaan negara bukan pajak (PNBP), dan dividen, yang nilainya naik hampir 10% dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Sedangkan sisanya Rp 39,9 triliun berupa pembayaran Pertamina kepada negara melalui minyak mentah dan kondensat bagian negara (MMKBN). Adapun capaian ini merupakan nilai kontribusi Pertamina dalam waktu enam bulan terakhir.

Sepanjang 2020, Pertamina menyetorkan hampir Rp 200 triliun kepada negara. Kontribusinya terhadap keuangan negara terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun seiring dengan peningkatan produktivitas perusahaan.

"Pertamina juga membaktikan diri untuk mendukung berbagai program pemerintah khususnya terkait percepatan penanganan Covid-19," ujar Pjs Senior Vice President Corporate Communications and Investor Relations Fajriyah Usman, dalam keterangan tertulis, Rabu (1/9).

Menurut dia meskipun hantaman pandemi Covid-19 yang telah memasuki tahun kedua terus memberikan tekanan signifikan pada kinerja keuangan, namun peningkatan produktivitas Pertamina tetap dapat tercermin dari laba bersih semester 1 2021 yang sebesar US$ 183 juta. Simak databoks berikut:

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...