Dua Anak Usaha Pertamina Kerja Sama Pengangkutan Impor LPG dan Mogas

Happy Fajrian
31 Agustus 2021, 12:43
Pertamina, pertamina international shipping, pertamina patra niaga, sinergi pertamina
Pertamina
Pertamina International Shipping (PIS) meluncurkan kapal tanker berkapasitas 2 juta barel bernama Pertamina Pride, Selasa (9/2).

Subholding Integrated Marine Logistics PT Pertamina International Shipping (PIS) menandatangani kesepakatan Head of Agreement (HoA) untuk menjadi penyedia jasa angkutan via laut dan sungai serta jasa penunjang terkait bagi PT Pertamina Patra Niaga (PPN).

Direktur Utama Pertamina International Shipping, Erry Widiastono, mengatakan bahwa melalui sinergi ini PIS akan menyediakan angkutan FOB (free on board) impor LPG menggunakan kapal tanker berjenis very large gas carrier (VLGC), dan impor mogas menggunakan long range tanker.

“Pengangkutan kargo LPG dan mogas akan dioptimalkan menggunakan utilisasi kapal yang dikontrol secara penuh oleh PIS terutama kapal milik untuk trading overseas,” ujar Erry melalui keterangan tertulis, dikutip Selasa (31/8).

Dia menambahkan bahwa kapal tanker yang digunakan adalah kapal VLGC Pertamina Gas 1, Pertamina Gas 2, dan kapal yang dikelola PIS untuk LPG. Sementara mogas menggunakan kapal MT Gede dan MT Galunggung.

Direktur Utama Pertamina Patra Niaga, Sub Holding Commercial & Trading, Alfian Nasution, mengatakan bahwa sinergi ini adalah bentuk efisiensi dan efektivitas impor yang selama ini dilakukan perusahaan.

Pasalnya, sebelum bersinergi, angkutan impor LPG menggunakan VLGC dan impor mogas menggunakan long range tanker Pertamina Patra Niaga masih bekerja sama dengan pihak di luar Pertamina Group.

“Dengan ditandatanganinya HoA, maka saat ini impor sudah dilakukan dengan kapal milik yang dikelola oleh PIS. Ini menjadi kontribusi yang saling menguntungkan bagi Pertamina Group dan menjadi potensi mengembangkan portofolio kedua sub holding,” ujar Alfian.

Dia menambahkan bahwa pihaknya percaya dengan kehandalan dan kapabilitas PIS dalam mengelola kargo, dan harapannya kolaborasi ini dapat menunjang postur ketersediaan dan ketahanan energi di tanah air.

Simak tren impor migas Indonesia pada databoks berikut:

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...