Freeport Gandeng AKR Corporindo Percepat Proyek Smelter Tembaga Gresik

Image title
6 September 2021, 15:33
freeport, akra, akr corporindo, jiipe, smelter
KATADATA | Arief Kamaludin
Antrean truk pengangkut batu dalam proses konstruksi kawasan industri terintegrasi Java Integrated Industrial and Port Estate (JIIPE) di Gresik, Jawa Timur.

PT Freeport Indonesia dan PT Berlian Manyar Sejahtera (BMS) menjalin kerja sama penggunaan infrastruktur pada pelabuhan laut Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Java Integrated and Industrial Port Estate (JIIPE) di Gresik, Jawa Timur.

Dengan kerja sama ini, BMS, operator Pelabuhan Laut JIIPE yang terafiliasi dengan PT AKR Corporindo Tbk (AKRA), memberikan hak eksklusif kepada Freeport untuk menggunakan dan mengakses infrastruktur miliknya, untuk mendukung pembangunan dan pengoperasian smelter tembaga dan kilang logam mulia di JIIPE.

Untuk itu, BMS akan membangun struktur dermaga untuk Freeport, yang terdiri dari jetty, piers, trestle, bridge, dan seawater intake building pada area reklamasi yang telah selesai dibangun. BMS juga harus mengoperasikan dermaga Freeport untuk menangani semua kapal untuk kebutuhan proyek smelter.

"Kami bekerja sama untuk memastikan penyelesaian proyek PTFI tepat waktu dan kelancaran operasi komersilnya," kata Direktur Utama AKRA, Haryanto Adikoesoemo, dalam keterangan tertulis, Senin (6/9).

Menurut dia, konektivitas merupakan salah satu kekuatan kompetitif KEK JIIPE. Pelabuhan JIIPE merupakan yang terdalam di Jawa Timur dengan draft -16 LWS, memiliki 4 dermaga multifungsi dengan tambatan 6.200 meter.

Pelabuhan ini diklaim mampu melayani kapal-kapal besar dengan muatan lebih dari 100.000 tonase bobot mati (deadweight tonnage/DWT). Akses laut yang dilengkapi dengan akses jalan tol dan kereta api menghubungkan JIIPE dengan pasar internasional dan domestik.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...