PLN: Penjualan Listrik Bisa Tumbuh Lebih 4,5% Jika Vaksinasi Dikebut

Image title
9 September 2021, 11:30
penjualan listrik, pln, vaksinasi, covid-19
Katadata | Arief Kamaludin
Ilustrasi.

PLN optimistis penjualan listrik hingga akhir tahun ini akan tumbuh di atas 4,5%. Dengan catatan vaksinasi dilakukan secara masif dan tren kasus harian Covid-19 juga turut menurun.

Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN, Bob Saril mengatakan konsumsi listrik mulai menunjukkan tanda-tanda positif. Hal tersebut tercermin dari data hingga Agustus yang mulai tumbuh 4,5%.

Advertisement

Menurut dia pertumbuhan positif tersebut ditopang oleh industri yang mulai tumbuh secara bulanan terhadap bulan lalu sebesar 14,14%. Adapun sampai dengan Agustus 2021 sektor industri tumbuh 10,51%.

"Dengan semakin menurunnya kasus covid-19 dan vaksinasi secara masif kami tetap optimis penjualan akan tumbuh di atas 4,5%," kata Bob kepada Katadata.co.id, Kamis (9/9).

PLN telah beberapa kali mengoreksi proyeksi penjualan listriknya. Sebelum pemerintah memperpanjang PPKM, perusahaan setrum pelat merah ini memprediksi penjualan listrik tahun ini bisa tumbuh 4,5%, kemudian dikoreksi menjadi hanya 2% setelah pemerintah memperpanjang PPKM

Adapun konsumsi listrik sejak awal tahun hingga Juli 2021 mencapai 146 (terra watt hour) TWh, atau tumbuh 4,44% dari periode yang sama tahun lalu. Indikasi pemulihan ekonomi pasca puncak pandemi pun terlihat di beberapa sektor. Misalnya, konsumsi listrik di sektor industri pertumbuhannya mencapai 9,93%.

Ini mengindikasikan bahwa sektor industri di Indonesia sudah mulai bangkit kembali. Di sisi lain, sektor rumah tangga tumbuh sebesar 3,34%. "Ini menandakan Indonesia sudah mulai bangkit dari pandemi Covid-19, dan ekonomi sudah mulai berjalan,” kata Bob.

Berdasarkan data PLN, pertumbuhan konsumsi listrik sektor industri yang mengalami pertumbuhan tertinggi adalah besi dan baja sebesar 21%. Kemudian diikuti oleh otomotif sebesar 19,5%, tekstil sebesar 6,9%, plastik sebesar 5% dan makanan & minuman sebesar 3,7%.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement