Pemprov DKI Jakarta Tunda Pelaksanaan PTM di 1.509 Sekolah Pekan Ini

Happy Fajrian
28 September 2021, 07:35
ptm, sekolah tatap muka, jakarta, covid-19
ANTARA FOTO/Destyan Sujarwoko/aww.
Siswa mengikuti pembelajaran tatap muka terbatas (PTMT) di SDN 1 Kampungdalem, Tulungagung, Jawa Timur, Kamis (9/9/2021).

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memutuskan untuk menunda pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) yang sedianya dilakukan awal pekan ini, Senin (27/9), di 1.509 sekolah. Padahal persiapan telah dilakukan dan diyakini dapat berlangsung dengan baik.

Dari 1.509 sekolah, 610 di antaranya telah melakukan uji coba sekolah tatap muka terbatas sejak 30 Agustus 2021. Sebanyak 899 merupakan sekolah yang baru akan melaksanakan uji coba.

“Penundaan selama sepekan mulai Senin. Dengan demikian uji coba PTM bakal dilanjutkan 4 Oktober 2021,” kata Dinas Pendidikan Pemprov DKI Jakarta, seperti dikutip dari Antara pada Selasa (28/9).

Kepala Sub Bagian Humas Dinas Pendidikan Taga Radja Gah mengakatan bahwa penundaan tersebut lantaran adanya Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Asesmen ini dilakukan pada 27-30 September dan fokus pada jenjang sekolah menengah atas (SMA). Meski demikian Dinas Pendidikan memutuskan untuk menunda PTM untuk jenjang taman kanak-kanak (TK) hingga sekolah menengah pertama (SMP).

ANBK ini juga akan menghadirkan perwakilan siswa ke sekolah untuk melakukan asesmen atau penilaian menggunakan lab komputer, sehingga dikhawatirkan terjadi kerumunan. Simak databoks berikut:

Kepala Dinas Pendidikan DKI Nahdiana membenarkan bahwa PTM itu batal dilaksanakan awal pekan ini ini karena 899 sekolah baru yang akan ditambahkan pada 610 sekolah pelaksana PTM terbatas, masih dalam tahap penilaian.

Penilaian tersebut untuk memverifikasi apakah protokol kesehatan (prokes) di sekolah-sekolah tersebut siap atau tidak apabila menggelar PTM terbatas. Karena itu, sekarang disiapkan agar sekolah-sekolah bersiap-siap dan dinyatakan lolos untuk buka sekolah PTM terbatas.

Halaman:
Reporter: Antara

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...