PGN Pasok Gas Perdana untuk Pabrik Kertas FajarPaper Sebesar 9,2 BBTUD

Penyaluran gas ke FajarPaper akan menggunakan infrastruktur gas milik Pertamina EP, Pertagas, dan milik PGN sendiri.
Image title
28 September 2021, 16:17
pgn, fajarpaper, gas industri, pasokan gas
Arief Kamaludin|KATADATA
Ilustrasi infrastruktur gas.

PGN menyalurkan gas bumi perdana atau gas in ke PT Fajar Surya Wisesa Tbk (FajarPaper) dengan volume 6,14-9,2 miliar british thermal unit per day (bbtud) untuk keperluan perawatan pabrik produksi yang berlokasi di Bekasi, Jawa Barat.

Direktur Sales dan operasi PGN Faris Aziz mengatakan, PGN mengoptimasi layanan gas bumi ke FajarPaper menggunakan skema seasonal selling atau penjualan musiman. Di mana volume gas disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan.

"Subholding Gas mengoptimalkan seluruh kemampuan dari sisi pasokan maupun infrastruktur, sehingga kebutuhan gas bumi dapat dilayani baik jangka pendek maupun jangka panjang," kata Faris dalam keterangan tertulis, Selasa (28/9).

Faris juga berharap, layanan gas bumi ke FajarPaper dapat semakin mendorong pertumbuhan pasar PGN di wilayah Bekasi dan sekitarnya.

Penyaluran gas ke FajarPaper menggunakan fasilitas meter PT Pertamina EP (PEP) di Stasiun Pertagas Tegal Gede Bekasi dan Pipa Pertagas, dengan mekanisme pemanfaatan Barang Milik Negara (BMN) yang dikelola oleh DJKN Kementerian Keuangan.

Direktur Infrastruktur dan Teknologi PGN, Achmad Muchtasyar menjelaskan bahwa penyaluran gas ke FajarPaper menggunakan pemanfaatan dan pengoperasian alat ukur bersama dari PEP, PGN, dan Pertagas.

PGN mengintegrasikan infrastruktur gas agar gas in berjalan lancar sesuai standard operating procedure (SOP), serta mendukung kehandalan pasokan gas. Simak databoks berikut:

"Integrasi infrastruktur ini menjadi salah satu bukti efektifitas dari pembentukan Subholding Group Pertamina, terlebih khusus di Subholding Gas,” ujar Achmad.

FajarPaper merupakan produsen kertas kemasan di Indonesia. Gas bumi merupakan salah satu energi yang dapat memberikan efisiensi dan paling bersih dibandingkan bahan bakar fosil lainnya.

Nilai lebih gas bumi ini mendukung FajarPaper sebagai perusahaan yang peduli lingkungan. Setiap produk FajarPaper berasal dari kertas daur ulang dan menggunakan mesin produksi berbahan bakar energi ramah lingkungan.

Selain FajarPaper, sebelumnya PGN area Bekasi menyalurkan gas bumi perdana ke PT Alumindo Alloy Abadi. Penambahan pelanggan industri baru juga dilakukan di Kawasan Industri Deltamas seperti PT Summit Seoyeon Automotive Indonesia dan PT Yili Indonesia Dairy.

Total volume gas dari penambahan industri baru dari Januari sampai dengan September 2021 di area Bekasi sebesar 6,6 bbtud.

Reporter: Verda Nano Setiawan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait