Pertamina: Kendala Proyek Jambaran Tiung Biru Terkait Proses Fabrikasi

Image title
12 Oktober 2021, 14:37
pertamina, jambaran tiung biru, migas
ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga
Pekerja beraktivitas di area Proyek Pengembangan Lapangan Gas Unitisasi Jambaran-Tiung Biru (JTB) usai prosesi Tajak Sumur di Desa Bandungrejo, Bojonegoro, Jawa Timur, Rabu (9/10/2019).

Pertamina EP Cepu (PEPC) menyampaikan bahwa pembangunan proyek Lapangan Gas Jambaran Tiung Biru (JTB) saat ini mengalami kendala karena adanya keterlambatan proses fabrikasi.

General Manager Zona 12 PEPC JTB, Charles L Tobing mengatakan situasi pandemi Covid-19 yang telah berjalan lebih dari setahun ini telah memberikan dampak signifikan bagi industri migas. Termasuk pada proyek ini.

Menurut dia, pandemi corona telah menyebabkan proses fabrikasi proyek JTB terlambat karena peralatan yang dibutuhkan untuk Engineering, Procurement and Construction - Gas Processing Facility (EPC-GPF) harus dipesan terlebih dahulu dari luar negeri.

"Terjadi delay dalam proses fabrikasi karena peralatan yang dibutuhkan di EPC Gas Processing Facilities (GPF) harus didatangkan dari luar, seperti Italia, Kanada, India dan lainnya," katanya kepada Katadata.co.id, Selasa (12/10).

Meski demikian, Pertamina terus berkoordinasi secara ketat dengan para mitra pelaksana proyek beserta konsorsium Rekind, JGC dan JGC Indonesia (RJJ) guna memastikan semua proses berjalan sesuai rencana. Sehingga kewajiban-kewajiban pihak terkait dapat terlaksana dengan baik.

"Dengan dukungan yang kuat dari SKK Migas, PT Pertamina EP Cepu bersama mitra pelaksana proyek JTB terus berupaya untuk mencapai target proyek sesuai dengan yang direncanakan," ujarnya.

Sebelumnya, SKK Migas menemukan kendala dalam pembangunan proyek JTB setelah melakukan inspeksi ke lokasi proyek tersebut. Deputi Operasi SKK Migas Julius Wiratno mengatakan bahwa berdasarkan inspeksi bersama Kementerian ESDM, proyek JTB mengalami gangguan. Bahkan ada kekurangan beberapa material proyek.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...