Baru Terealisasi 46%, Target DMO Batu Bara Tahun Ini Sulit Tercapai

Image title
18 Oktober 2021, 12:22
batu bara, dmo batu bara
ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan/hp.
Foto udara tempat penumpukan sementara batu bara di Muarojambi, Jambi.

Serapan kebutuhan batu bara dalam negeri atau domestic market obligation (DMO) pada tahun ini diprediksi tidak akan tercapai. Menurut data Kementerian ESDM hingga akhir September 2021 realisasinya baru mencapai 63,47 juta ton atau 46% dari kuota DMO batu bara yang ditetapkan tahun ini sebanyak 137,5 juta ton.

"Jadi realisasi DMO cukup jauh dari yang diharapkan, dengan waktu yang tersisa 3 bulan lagi saja realisasi kita belum bisa teroptimalkan," kata Direktur Eksekutif Energy Watch Mamit Setiawan, dalam Energy Corner CNBC Indonesia, Senin (18/10).

Advertisement

Belum maksimalnya realisasi DMO sepanjang tahun ini terjadi lantaran beberapa faktor. Salah satunya yakni faktor kebutuhan listrik turun cukup signifikan. Hanya selang beberapa hari lalu saja PLN mengumumkan beban puncak listrik Jawa Bali mencetak rekor tertinggi.

Sehingga, kebutuhan baru bara dalam negeri untuk kelistrikan masih belum terdongkrak. Ini menyebabkan serapan batu bara lokal tidak signifikan.

Di samping itu, Mamit setuju dengan adanya disparitas harga DMO dengan harga ekspor, pemerintah memang perlu mengatur terkait perubahan pembatasan harga DMO. Meski demikian, di tengah konsumsi yang terus menurun dan pertumbuhan listrik yang belum naik signifikan.

Maka hal ini sudah tentu berpotensi memberatkan kondisi PLN. Apalagi kondisi oversupply untuk Jawa Sumatera saat ini telah mencapai 50%. "Diskusi dengan pemerintah terkait kenaikan harga DMO sebisa mungkin tidak memberatkan PLN karena dampaknya akan ke masyarakat," ujar Mamit.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement