Harganya Moncer, Ekspor Batu Bara 2022 Diproyeksi 440-445 Juta Ton

Image title
19 Oktober 2021, 14:33
ekspor batu bara, harga batu bara
ANTARA FOTO/Bayu Pratama S/wsj.
Sebuah truk pengangkut batu bara melintasi jalan tambang batu bara di Kecamatan Salam Babaris, Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan, Rabu (7/7/2021).

Perhimpunan Ahli Pertambangan Indonesia (Perhapi) memproyeksikan ekspor batu bara pada 2022 berada di level 440-445 juta ton. Ekspor tersebut dengan asumsi harga masih tinggi, dan produksi nasional sama dengan rencana 2021 sebesar 625 juta ton, dengan konsumsi domestik 175-180 juta ton.

Ketua Umum Perhapi Rizal Kasli mengatakan dengan harga batu bara yang moncer saat ini produsen akan berupaya meningkatkan produksinya dengan cara menggenjot produktivitas dan menambah jumlah alat serta lokasi kerja.

Menurut dia produsen tambang tidak dapat serta merta menggenjot produksinya secara besar-besaran. Pasalnya, banyak faktor yang harus dipertimbangkan seperti investasi alat berat dan fasilitas penunjang, tenaga kerja, ketersediaan lokasi kerja, dan lainnya.

"Ketika memutuskan penambahan produksi. Secara umum kenaikan produksi tambang dapat dilakukan, namun sifatnya gradual, 5-10% dari kapasitas terpasang tahun berjalan produksi," ujarnya kepada Katadata.co.id, Selasa (19/10).

Menurut Rizal jika semua perusahaan tambang batu bara menaikan produksinya pada 2022, maka produksi nasional bisa mencapai 650 juta ton. Sehingga perlu diantisipasi, jika produksi nasional tidak dikontrol dengan ketat kemungkinan terjadi kelebihan pasokan yang dapat menekan harga batu bara.

Sebelumnya, Direktur Eksekutif Energy Watch Mamit Setiawan menilai kenaikan harga batu bara telah dilihat pemerintah ketika Kementerian ESDM beberapa waktu lalu memutuskan untuk menambah kuota produksi batu bara tahun ini sebesar 75 juta ton dari 550 juta ton menjadi 625 juta ton.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...