Total Pengadaan Barang/Jasa Hulu Migas September Rp 37 T, TKDN 58%

Image title
21 Oktober 2021, 13:07
migas, tkdn, skk migas,
Arief Kamaludin|KATADATA
Ilustrasi.

SKK Migas mencatat total nilai pengadaaan barang dan jasa proyek hulu migas per September mencapai US$ 2,6 miliar atau sekitar Rp 37 triliun, asumsi kurs Rp 14.200/dolar, dengan capaian tingkat komponen dalam negeri (TKDN) sebesar 58%.

Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto mengatakan bahwa capaian tersebut membuktikan bahwa sektor hulu migas tak hanya berkontribusi terhadap penerimaan negara saja, tapi turut mendukung kapasitas industri di dalam negeri. Ia menyebutkan capaian ini melebihi target yang ditetapkan pemerintah sebesar 50%.

"TKDN 58% barang dan jasa nilai kontraknya Rp 37 triliun. Dengan demikian yang bisa diserap rekan-rekan pengusaha dalam negeri sekitar Rp 21,5 triliun," kata dia dalam Forum Kapasitas Nasional 2021, Kamis (21/10).

Dwi pun mengapresiasi langkah Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) yang tetap berkomitmen untuk memenuhi TKDN di sektor hulu migas. Pasalnya, terdapat penalti yang menanti jika TKDN masih di bawah target.

Selain itu, menurut Dwi untuk mencapai target produksi 1 juta barel minyak per hari (BOPD) dan 12 miliar standar kaki kubik per hari (BSCFD) gas pada 2030. Setidaknya industri ini membutuhkan investasi sebesar US$ 187 miliar. "Dari visi ini tidak hanya proyeksi pendapatan tapi investasi uang yang beredar," katanya.

Berdasarkan hasil studi LPEM UI setiap pembelanjaan US$ 1 juta menghasilkan economic output US$ 1,6 juta, tambahan GDP US$ 0,75 juta dan tambahan lapangan pekerjaan 100 orang.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...