Konsumsi Listrik Mulai Naik, Pendapatan Kuartal III PLN Capai Rp 204 T

Image title
27 Oktober 2021, 10:25
pln, pendapatan, konsumsi listrik
Arief Kamaludin|KATADATA
Ilustrasi jaringan listrik.

PLN mencatatkan pendapatan sebesar Rp 204,65 triliun per September 2021. Raihan tersebut naik 4,7% dari periode yang sama tahun lalu sebesar Rp 195,47 triliun. Capaian ini tak lepas dari mulai terdongkraknya konsumsi listrik nasional pasca diturunkannya level PPKM di berbagai daerah.

Sepanjang Januari-September 2021, jumlah pelanggan PLN setidaknya bertambah sebanyak 2,6 juta pelanggan menjadi 81,6 juta pelanggan. Sementara volume penjualan listrik naik 4,4% menjadi 189,7 tWh hingga kuartal III 2021 secara tahunan.

Advertisement

Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan Bob Saril menyatakan capaian ini tak lepas dari strategi penciptaan permintaan melalui intensifikasi dan ekstensifikasi. Seperti berbagai bundling dan promo untuk meningkatkan kenyamanan pelanggan, salah satunya promo Super Dahsyat memperingati Hari Listrik Nasional ke-76.

"Rangkaian program promo tambah daya yang kami lakukan sepanjang tahun ini ternyata disambut antusias oleh pelanggan. Penambahan daya ini membuat pelanggan lebih produktif dan penggunaan listrik meningkat," kata Bob dalam keterangan tertulis, Rabu (27/9).

Strategi intensifikasi juga dilakukan melalui penerapan gaya hidup dengan menggunakan peralatan berbasis listrik dalam kehidupan sehari-hari. Seperti, mendorong ekosistem dan penggunaan satu juta kompor induksi serta kendaraan listrik berbasis baterai.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement