RI Diklaim Punya Cadangan Emas 2.600 Ton, Terbesar ke-6 di Dunia

Image title
12 November 2021, 16:50
emas, harga emas, cadangan emas, mind id
ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani
Pengunjung mengamati replika emas batangan di Museum Bank Indonesia, Jakarta, Jumat (4/10/2019).

Holding BUMN tambang MIND ID menyebut Indonesia memiliki cadangan emas melimpah hingga 2.600 ton. Cadangan emas ini merupakan yang terbesar keenam di dunia.

SVP of Mining & Mineral Industry Institute Niko Chandra mengatakan berdasarkan data terkini dari Kementerian ESDM cadangan emas yang dimiliki Indonesia lebih besar dibandingkan yang dimilki Cina.

"Ada yang menarik, kalau kita lihat bahwa Indonesia ini merupakan negara dengan cadangan nomor enam terbesar di dunia, cadangan emas kita 2600 ton dan ini sesuai data terkini 2021," kata dia dalam diskusi secara virtual 'Gold Industry Overview, Upstream -Downstream Business Update', Jumat (12/11).

Adapun terkait distribusi kebutuhan emas global saat ini, setidaknya sekitar 49% produksi emas digunakan untuk keperluan perhiasan. Kemudian sekitar 29% untuk keperluan investasi dalam bentuk logam batangan, dan sisanya untuk bank sentral dan keperluan teknologi.

Namun, jika dilihat dari situasinya saat ini permintaan dan penawaran global, komoditas emas tengah mengalami kelebihan pasokan. Di Indonesia, permintaan emas semester I 2021 meningkat 87,1% dalam setahun atau dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...