Tangki Kilang Cilacap Terbakar, BPH Migas Jamin Pasokan Pertalite Aman

Image title
15 November 2021, 13:11
kilang cilacap, bbm, bph migas, pertalite
Katadata | Arief Kamaludin
Ilustrasi.

BPH Migas memastikan penyaluran produk bahan bakar khusus (BBK) yang merupakan BBM non subsidi yakni Pertalite sejauh ini tak terpengaruh kebakaran tangki di area Kilang Cilacap, Jawa Tengah pada Sabtu (13/11).

Anggota komite BPH Migas, Saleh Abdurrahman mengatakan untuk BBM jenis Pertalite dari sisi stok saat ini masih cukup tersedia di berbagai daerah di Indonesia. Sehingga insiden tersebut tak berpengaruh dari sisi pasokan.

Adapun berdasarkan data dari BPH Migas, hingga 11 November ini stok Pertalite yang tersedia yakni mencapai 321.196 kilo liter (KL), sedangkan Pertamax 719.565 KL.

"Jadi secara umum peristiwa kebakaran di salah satu tangki di Kilang Cilacap tidak berpengaruh terhadap pasokan BBM kita khususnya di pulau Jawa," kata dia dia dalam acara Energy Corner, Senin (15/11).

Sebelumnya, Pertamina menegaskan bahwa stok BBM dan LPG baik nasional maupun lokal terjaga dengan baik. Terutama menyusul terkait dengan adanya insiden kebakaran tersebut.

Untuk stok BBM jenis Premium misalnya, saat ini berada di posisi 27 hari, Pertamax 15 hari, Pertalite di atas 10 hari. Sementara untuk Solar yakni 20 hari, Avtur 35 hari, Pertamax Turbo 50 hari dan LPG 12,7 hari.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...