PLN Optimistis Produsen Batu Bara Penuhi Komitmen DMO 2021

Image title
16 November 2021, 10:47
pln, batu bara, dmo, listrik
ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani/aww.
Pekerja beraktivitas di Gardu Induk Tegangan Ekstra Tinggi (Gitet) transmisi Jawa bagian timur dan Bali di Kota Kediri, Jawa Timur, Rabu (8/4/2020).

PLN optimistis seluruh pemasok batu bara, termasuk perusahaan pemegang Perjanjian Karya Pengusahaan Pertambangan Batu Bara (PKP2B) akan memenuhi komitmen kewajiban penjualan untuk kebutuhan dalam negeri (domestic market obligation /DMO) tahun ini.

EVP Komunikasi Korporat dan TJSL PLN, Agung Murdifi menyampaikan pihaknya meyakini bahwa semua mitra pemasok batu bara dapat memenuhi kebutuhan dalam negeri, terutama untuk PLN di akhir tahun sesuai target yang ditetapkan.

"Kami telah berkoordinasi dan mendapatkan konfirmasi dari pemegang izin PKP2B bahwa mereka sanggup memenuhi komitmen pencapaian DMO," kata Agung dalam keterangan tertulis, Selasa (16/11).

Menurut dia berdasarkan Keputusan Menteri ESDM No. 139.K/HK.02/MEM.B/2021, pemerintah telah menetapkan kewajiban DMO batu bara tahun 2021 sebesar 137,5 juta ton. Di mana 66,06 juta ton merupakan DMO dari perusahaan PKP2B.

Volume DMO tersebut dialokasikan untuk kebutuhan industri dalam negeri atau domestik seperti sektor kelistrikan dan sektor lainnya. Misalnya semen, smelter, industri lainnya dalam satu tahun.

Dari total DMO yang ditetapkan pemerintah, sekitar 113 juta ton batu bara dialokasikan untuk memenuhi kebutuhan sektor kelistrikan sepanjang 2021. Hingga Oktober 2021, realisasi DMO sektor kelistrikan mencapai 93,16 juta ton.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...