Cerita Jokowi Bentak Nicke Widyawati Karena Progres Proyek TPPI Lambat

Happy Fajrian
20 November 2021, 15:14
jokowi, kilang tppi, nicke widyawati, pertamina, tuban
ANTARA FOTO/Moch Asim
Suasana kawasan kilang PT Trans Pacific Petrochemical Indotama (TPPI) di Tuban, Jawa Timur, Sabtu (21/12/2019).

Presiden Joko Widodo alias Jokowi menceritakan pengalamannya masa lalu ketika kesal mengetahui proyek pembangunan kilang petrokimia PT Trans Pacific Petrochemical Indotama (TPPI) di Tuban, Jawa Timur, berjalan lambat.

Padahal proyek tersebut sudah ada sejak ia dilantik sebagai presiden pada 2014. Jokowi pun mengaku sempat membentak Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati karena dianggap lambat mengeksekusi proyek tersebut.

“TPPI investasinya US$ 3,8 miliar, ini sudah bertahun-tahun belum jalan-jalan juga, padahal setelah saya dilantik 2014, saya langsung ke TPPI karena saya tahu barang ini kalau bisa jalan akan menyelesaikan banyak hal,” ujarnya di hadapan komisaris dan direksi Pertamina dan PLN di Istana Negara, yang disiarkan melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden, Sabtu (20/11).

Menurut Jokowi, kilang TPPI menghasilkan banyak turunan petrokimia yang bisa menjawab kebijakan substitusi impor Indonesia. Ini akan menyelesaikan banyak masalah yang dihadapi Indonesia karena akan menurunkan impor sehingga neraca perdagangan dan neraca pembayaran akan baik.

Ia menyebut masalahnya adalah Indonesia sudah terlalu lama berada di zona nyaman (comfort zone), dan terjebak pada rutinitas.

“Sehingga waktu terakhir saya ke sana bu Dirut (Pertamina Nicke Widyawati) saya bentak karena diceritain hal yang sama. Saya bilang, bu saya gak mau dengar cerita itu, saya sudah dengar dari dirut-dirut yang lain. Tender sudah dua kali, sudah bolak balik diulang-ulang terus,” kata Jokowi.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...